Tahun depan, Tiket Bus Dapat Dibeli Secara Online

Transportasi umum darat yang ditargetkan akan dapat dibeli online adalah bus, untuk mengikuti trend atau pola kehidupan masyarakat yang serba digital.

Tahun depan, Tiket Bus Dapat Dibeli Secara Online
TribunJakarta.com/Ega Alfreda
Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi saat ditemui di Gedung 600 Bandara Soekarno-Hatta, Sabtu (11/8/2018). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Ega Alfreda

TRIBUNJAKARTA.COM, TANGERANG - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menargetkan pembelian tiket transportasi umum dilakukan secara online pada tahun 2019.

Transportasi umum darat yang ditargetkan akan dapat dibeli online adalah bus, untuk mengikuti trend atau pola kehidupan masyarakat yang serba digital.

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi menerangkan, secara bertahap akan ada peremajaan bus yang dilakukan pemerintah daerah dan pusat atau pun swasta.

Setelah melalui proses peremajaan, berlanjut ke penerapan penjualan tiket bus secara online.

"Terkait dengan kemudahan mendapatkan tiket nantinya akan diterapkan keseluruhan menjadi online. Jadi, tidak perlu lagi ke terminal beli tiket," ujar Budi di Bandara Soekarno-Hatta, Sabtu (11/8/2018).

Reaksi Ruben Onsu Soal Dugaan Driver Gojek Dipukul Oknum Pegawai Geprek Bensu Lampung

Tentunya hal tersebut, menurut Budi, harus didahului dengan peremajaan atau pun pergantian bus pengangkut penumpang yang sudah tidak layak lagi.

"Masyarakat harus kita ubah mindsetnya dalam penggunaan kendaraan dari kendaraan pribadi ke umum. Dari sini, akan kita perbaiki armadanya dengan fasilitas memadai," kata dia.

Kerap menjamurnya sistem percaloan juga menjadi satu dari beberapa alasan Kemenhub segera memberlakukan sistem tiket online.

Nantinya, tiket online ini akan bisa dibeli melalui website Kementerian Perhubungan atau website beberapa PO.

Perjuangan Korban Selamat Gempa Lombok 7,0 SR, Septia Erianty Kita Jalan Aja Kayak di Ombak

"Akan kita maksimalkan, kita sudah ada regulasinya tinggal diperhalus saja dan mulai sekarang mulai diuji. Untuk pembelian tiket bus online ini nantinya bisa ke situs pembelian tiket online, web perhubungan darat atau PO yang sudah menyediakan," jelas Budi.

Budi melanjutkan, penambahan jumlah armada bus pun nantinya akan dilakukan secara perlahan.

Kedepannya, budi berharap masyarakat dapat memilih bus sebagai moda transportasi darat yang menghubungkan transportasi lainnya seperti, kereta api, pesawat, dan kapal laut.

Penulis: Ega Alfreda
Editor: Ferdinand Waskita Suryacahya
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved