Pakai Kaus Biru di Tes Kesehatan, Ini Sederet Momen Sandiaga Uno Kerap Gunakan Baju yang Hampir Sama

Momen Sandiaga Uno beberapa kali kenakan baju kaus biru yang hampir sama dengan baju yang digunakannya saat menjalani tes kesehatan di RSPAD.

Pakai Kaus Biru di Tes Kesehatan, Ini Sederet Momen Sandiaga Uno Kerap Gunakan Baju yang Hampir Sama
YouTube/Kompas TV
Sandiaga Uno 

TRIBUNJAKARTA.COM - Sandiaga Uno bersama Prabowo Subianto akan menjalani pemeriksaan kesehatan sebagai persyaratan Pemilihan Presiden 2019 di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta Pusat pada Senin (13/8/2018).

"Jadi pemeriksaan kesehatan ini hanya menjadi salah satu sayat dari banyak syarat yang harus dipenuhi," ujar Arief Budiman selaku Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI di di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta Pusat, Minggu (12/8/2018).

Secara khusus, aturan kesehatan pasangan capres-cawapres diatur di Peraturan KPU RI Nomor 22 Tahun 2018 Tentang Pencalonan Peserta Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden.

Adapun pemeriksaan yang dilakukan bakal capres dan cawapres meliputi riwayat pemyakit, pemeriksaan jiwa, pemeriksaan jasmani meliputi penyakit dalam penyakit jantung dan pembuluh darah, bedah, dan bagian ortopedi.

"Kemudian pemeriksaan telinga, hidung, dan tenggorokan jadi meliputi seluruh disiplin ilmu yang ada di bidang kesehatan," kata Astroniyas Bakti Awusi Ketua Tim pelaksana Penilaian Kemampuan Jasmani dan Rohani.

Ia mengatakan jika yang menentukan wapres dan cawapres lolos atau tidak lolos itu Komisi Pemilihan Umum (KPU) bukan tim pemeriksa kesehatan.

"Yang diampaikan oleh tim pemeriksa itu adalah temuan-temuan tentang ketidakmampuan secara medis. Jadi tim pemeriksa tidak menyimpulkan. Itu dipahami bersama bahwa tim pemeriksa hanya diperintah oleh KPU untuk memeriksakan dan menemukan hal-hal yang berkaitan dengan ketidakmampuan secara medis," jelas Astroniyas.

Hasil pemeriksaan kesehatan kemudian diserahkan ke KPU untuk dijadikan pertimbangan.

"Hasil pemeriksaannya memberi keterangan keaehatannya mampu untuk menjelaskan tugas-tugas sebagai presiden dan wakil presiden. Sehat atau tidak sehat untuk menjelaskan tugas-tugas sebagai presiden dan wakil presiden," kata Arief.

Berdasarkan pantauan TribunJakarta.com melalui live streaming Kompas TV, sesaat sampai di RSPAD Gatot Subroto, Sandiaga disapa oleh para awak media.

Kembali Bertarung di Pilpres 2019, Ini Perbedaan Harta Kekayaan Jokowi dan Prabowo

Resmi Dipinang Jadi Cawapres Prabowo, Kekayaan Sandiaga Diperkirakan Rp 4,3 Triliun

Halaman
123
Penulis: Kurniawati Hasjanah
Editor: Erik Sinaga
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help