Yuk Datang ke Festival Ciliwung, Mulai Kuliner Khas Betawi Hingga Karnaval Getek

Oleh karena, tak lupa Eka berpesan kepada pihak panitia untuk mengedukasi para peserta Festival Ciliwung agar selalu menjaga lingkunganya.

Yuk Datang ke Festival Ciliwung, Mulai Kuliner Khas Betawi Hingga Karnaval Getek
Tribunnews.com/Taufik Ismail
Ilustrasi: Anies Baswedan melihat bantaran Kali Ciliwung saat blusukan di Bukit Duri, Tebet, Jakarta Selatan, Selasa (15/11/2016). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Dionisius Arya Bima Suci

TRIBUNJAKARTA.COM, KRAMAT JATI - Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Timur akan kembali menggelar Festival Ciliwung mulai tanggal 25 Agustus sampai 26 Agustus 2018.

Berbagai kesenian dan kuliner khas betawi akan ditampilkan di sepanjang bantaran Kali Ciliwung pada dua hari tersebut.

Menurut Camat Kramat Jati Eka Darmawan, festival ini merupakan kegiatan yang diinisiasi oleh masyarakat yang sebagian besar tinggal di bantaran Kali Ciliwung.

"Kegiatan ini diinisiasi sendiri oleh masyarakat, kami pun akan terus memdukung kegiatan ini karena sarat edukasi bagi masyarakat," ucap Eka saat dikonfirmasi awak media, Senin (13/8/2018).

Lebih lanjut, ia menjelaskan, selain menampilkan berbagai kesenian khas betawi, melalui festival ini masyarakat juga diajarkan untuk mencintai lingkunganya.

"Melalui kegiatan ini juga kami ingin menumbuh kembangkan kesadaran masyarakat akan keberadaan Ciliwung yang sangat berarti buat kehidupan manusia," ujarnya.

Oleh karena, tak lupa Eka berpesan kepada pihak panitia untuk mengedukasi para peserta Festival Ciliwung agar selalu menjaga lingkunganya.

"Saya juga berharap pihak panitia memberikan banyak pelajaran bagi masyarakat, seperti jangan buang sampah atau limbah ke Ciliwung," kata Eka.

Sementara itu, menurut Ketua Panitia Festival Ciliwung Ahmad Maulana, festival ini nantinya akan diawali dengan senam bersama Komunitas Jakarta Bahagia di bantaran Kali Ciliwung, tepatnya di belakang Asrama Rindam Jaya.

BBWSCC : Normalisasi Ciliwung Terkendala Pembebasan Lahan

Cerita Agung, 23 Tahun Tinggal di Bantaran Kali Ciliwung

Sandiaga Klaim Revitalisasi Sungai Ciliwung Bisa Serap 1.200 Lapangan Kerja Berorientasi Lingkungan

Kemudian, setelah senam, acara dilanjutkan kembali dengan menyusuri Kali Ciliwung menggunakan ban dari belakang Asrama Rindam Jaya hingga kawasan Rawa Elok, Balekambang.

"Kami mengawali dengan mengajak warga hidup sehat, senam pagi dahulu, kemudian menyusuri Kali Ciliwung menggunakan ban, ada juga karnaval getek dan perahu mulai dari belakang Asrama Rindam Jaya hingga kawasan Rawa Elok, Balekambang," kata Ahmad Maulana.

Melalui Festival Ciliwung ini, ia berharap dapat menjadikan Ciliwung sebagai destinasi wisata air di Jakarta.

Penulis: Dionisius Arya Bima Suci
Editor: Ferdinand Waskita Suryacahya
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help