Ketua DPRD DKI Jakarta Takut Warga Kembali Tinggal di Bantaran Kali Setelah Tarif Rusun Naik

Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi khawatir warga yang sudah direlokasi ke rusun akan pindah lagi ke bantaran kali.

Ketua DPRD DKI Jakarta Takut Warga Kembali Tinggal di Bantaran Kali Setelah Tarif Rusun Naik
TribunJakarta.com/Gerald Leonardo Agustino
Rusun Marunda, Jakarta Utara, Selasa (14/8/2018). 

TRIBUNJAKARTA.COM - Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi khawatir warga yang sudah direlokasi ke rusun akan pindah lagi ke bantaran kali.

Sebab mereka tidak mampu membayar tarif rusun yang dinaikkan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

"Ingat, waktu pemerintahan sebelumnya itu, kan, orang-orang dari bantaran kali dinaikin ke rusun. Nanti kalau akhirnya menuju lagi ke bantaran kali bagaimana? Takutnya di situ," ujar Prasetio di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu (15/8/2018).

Prasetio mengatakan, seharusnya kebijakan menaikkan tarif rusun dipikirkan matang-matang.

Tarif Rusun Naik, Warga: Tolong Pemerintah Jangan Menambah Beban Warga Rusun

Selain mempertimbangkan kesanggupan warga rusun, Prasetio juga meminta Pemprov DKI melihat kondisi rusun.

Kata dia, sejumlah rusun tidak memiliki fasilitas yang lebih baik dari rusun lain sehingga tidak layak jika tarifnya naik.

"Masa (tarif sewa) Rusun Penjaringan mau dinaikkan? Itu, kan, sudah enggak layak juga. Jadi ini pasti memberatkan terutama buat mereka yang rusunnya tidak layak," kata dia.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menaikkan tarif sewa 15 rumah susun sewa (rusunawa) di DKI Jakarta.

Harga Sewa Naik, Warga Relokasi di Rusun Marunda: Belum Naik saja Kita Susah Bayar

Tarif rusun yang dinaikkan tak hanya tarif untuk masyarakat umum, tetapi juga untuk kelas paling bawah yakni masyarakat terprogram.

Rusun yang dinaikkan yakni Rusun Sukapura, Rusun Penjaringan, Rusun Tambora IV, Rusun Tambora III, Rusun Flamboyan/Bulak Wadon, Rusun Cipinang Muara, Rusun Pulo Jahe, dan Rusun Tipar Cakung.

Kemudian juga Rusun Tambora I dan II, Rusun Pondok Bambu, Rusun Jatirawasari, Rusun Karang Anyar, Rusun Marunda, Rusun Kapuk Muara, Rusun Cakung Barat, Rusun Pinus Elok, dan Rusun Pulogebang. Persentase kenaikan rata-rata 20 persen.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Tarif Rusun Naik, Prasetio Khawatir Warga Pindah Lagi ke Bantaran Kali "

Editor: Rr Dewi Kartika H
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help