Unik, Komunitas Motor Ini Touring Keliling Nusantara Sambil Berdakwah

Tidak hanya itu, mereka juga kerap membagikan sebagian rejekinya kepada masjid-masjid yang mereka lewati sewaktu touring.

Unik, Komunitas Motor Ini Touring Keliling Nusantara Sambil Berdakwah
TribunJakarta.com/Ega Alfreda
Sebagian kecil dari anggota Komunitas Bikers Muslim Indonesia saat ditemui di Masjid Raya Al-Azhom Tangerang bersama ketua Umum Bikers Muslim, Abu Albani (Kiri),Sabtu (18/8/2018). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Ega Alfreda

TRIBUNJAKARTA.COM, TANGERANG - Komunitas Bikers Muslim Indonesia mempunyai cara yang unik dan berbeda dalam menyalurkan hobinya dalam berkendara motor gede.

Beda dari komunitas motor lainnnya yang hanya sekedar kopi darat di sebuah tempat dan menghabiskan waktu dengan mengobrol seputar otomotif, Komunitas Bikers Muslim ini berkeliling sambil berdakwah.

Komunitas yang didominasi oleh pemilik motor gede seperti Harley Davidson, Royak Enfield, BMW, dan Vespa itu mengisi kegiatannya dengan menyalurkan nilai-nilai Islam dan mengajak pemuda untuk berhijrah.

Komunitas yang sudah berdiri dari dua tahun lalu ini pun mempunyai 41 chapter tersebar diseluruh Indonesia yang juga menggaungkan ajaran agama Islam.

Ketua Umum Bikers Muslim Indonesia, Abu Albani mengucapkan, terciptanya komunitas berbasis ajaran Islam ini karena ingin mengubah stigma komunitas motor yang identik dengan kekerasan.

"Ingin ngajak teman-teman hijrah. Jadi sesuat yang beda. Banyak pergaulan motor yang memang kategorinya kurang baik. Suka kadang kalo nongkrong minum-minum. Tapi kan sebenarnya banyak juga yang tidak seperti itu," ucap Abu saat ditemui di Masjid Raya Al-Azhom Tangerang, Sabtu (18/8/2018).

Ia melanjutkan, komunitas yang sudah berdiri sejak 2016 itu selalu berdakwah disela-sela waktu istirahat ketika sedang touring jauh mengelilingi Nusantara.

Tidak hanya itu, mereka juga kerap membagikan sebagian rejekinya kepada masjid-masjid yang mereka lewati sewaktu touring.

Menurut Abu, komunitas berbasis roda dua ini tidak memandang jenis motor untuk bergabung.

Kaca Belakang BMW 5 Touring Bisa Dibuka, Cocok untuk Ajak Hewan Peliharaan Berlibur

Captiva Club Tangerang Touring 3 Pulau Sambil Gelar Aksi Kemanusiaan ke SD Tertinggal di Banten

Bona, Pemuda yang Viral Karena Kejar Jokowi Saat Touring, Diundang ke Istana

"Sama sekali tidak ada jenis motor, yang penting niatannya baik untuk hijrah dan berdakwah juga mau menyebarkan nilai-nilai kebaikan. Itu juga ada yang pakai Vario," jelas Abu.

Terlibat dari lokasi, terdapat enam kendaraan roda dua oleh Komunitas Bikers Muslim terparkir di halaman Masjid Raya Al-Azhom Tangerang.

Diantaranya yakni, Kawasaki Versys 1000, Honda Tiger, Vespa PX, Honda Vario, Yamaha X-Max, dan Royal Endfield.

Penulis: Ega Alfreda
Editor: Ferdinand Waskita Suryacahya
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help