Tiga Hal Perlu Jadi Catatan Ridwan Kamil Terkait Rencana Revitalisasi Kalimalang

Pemerintah Kota Bekasi menyambut baik rencana Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil merevitalisasi Kalimalang.

Tiga Hal Perlu Jadi Catatan Ridwan Kamil Terkait Rencana Revitalisasi Kalimalang
TribunJakarta.com/Yusuf Bachtiar
Sejumlah titik di Kalimalang yang bakal menjadi proyek revitalisasi oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil 

Tiga Hal yang Perlu Diperhatikan Ridwan Kamil Terkait Rencana Revitalisasi Kalimalang

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Yusuf Bachtiar

TRIBUNJAKARTA.COM, BEKASI SELATAN - Pemerintah Kota Bekasi menyambut baik rencana Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil merevitalisasi Kalimalang.

Bahkan melalui akun instagramnya, @ridwankamil ingin menyulap Kalimalang seperti Sungai Cheonggyecheon di Seoul, Korea Selatan.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi, Jumhana Luthfi, menekankan tiga hal yang perlu diperhatikan dalam revitalisasi nanti.

Pertama, saat revitalisasi jangan sampai proses konstruksi menghambat saluran air. Karena Kalimalang merupakan saluran air baku yang memasok kebutuhan air di sejumlah wilayah termasuk DKI Jakarta.

"Jangan sampai nanti saat prosesnya ada konstruksi atau segala macem masuk ke dalam kali dan menghambat laju atau kecepatan air," kata Jumhana pada Jumat (14/9/2018).

Kedua, jangan sampai elemen konstruksi tertimbun dan membuat sedimentasi di dasar kali, karena menurut dia kualitas air Kalimalang harus tetap terjaga untuk kebutuhan air minum.

"Konstruksi dari revitalisasi juga jangan sampai mencemari air, harus tetap terjaga kualitas air di Kalimalang," jelas dia.

Ketiga yang perlu diperhatikan jangan sampai proses revitalisasi terbentur dengan proyek tol Becakayu yang juga berada di sepanjang jalur Kalimalang.

"Ada konstruksi Tol Becakayu, kita tunggu proyek Tol Becakayu selesai dulu, karena kan Becakayu proyek nasional, nanti kalau dibarengi dengan revitalisasi nanti konstruksi kita akan terpotong-terpotong, akan tumpang tindih," kata Jumhana.

Penulis: Yusuf Bachtiar
Editor: Y Gustaman
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help