Harus Bergerak Cepat, ICW Minta Pemberi Fasilitas Mewah di Lapas Ditindak Tegas

"Harus cepat menangani perkara itu dan melakukan penegasan, penindakan terhadap orang yang memberikan fasilitas tersebut,” kata Donal

Harus Bergerak Cepat, ICW Minta Pemberi Fasilitas Mewah di Lapas Ditindak Tegas
TRIBUNNEWS.COM/Dennis Destryawan
Selain membeberkan fakta-fakta terkait OTT dalam konferensi persnya, Sabtu (21/7/2018), KPK juga memutar rekaman video yang mempertontonkan fasilitas sel yang ada di Lapas Sukamiskin. 

TRIBUNJAKARTA.COM - Kementerian Hukum dan HAM (Kemkumham) harus bertindak cepat menyinkapi dugaan penggunaan fasilitas mewah di lembaga pemasyarakatan (lapas) khusus narapidana Sukamiskin, Bandung, Jawa Barat.

Koordinator Indonesian Corruption Watch Donal Fariz mengatakan, Kementerian Hukum dan HAM yang dipimpin Yasonna Laoly jangan menutup mata dengan adanya kejadian ini.

Sebab, kata dia, bagaimana pun kasus Satya Novanto yang bisa menikmati fasilitas mewah di Lapas bisa membuat citra buruk terhadap penegakan hukum.

Untuk itu dia meminta agar Menkum HAM harus bertindak cepat.

"Harus cepat menangani perkara itu dan melakukan penegasan, penindakan terhadap orang yang memberikan fasilitas tersebut,” kata Donal saat dikonfirmasi, Minggu (16/9/2018).

Menurutnya, kasus ini, membuat sekat-sekat dalam penegakan hukum.

"Ini problem masif, tak hanya Sukamiskin, tapi di banyak lapas masih seperti itu," katanya.

ICW meminta Menkum HAM cepat melakukan penindakan terhadap oknum yang memberikan fasilitas mewah itu, sebagai langkah untuk perubahan.

 Jika tidak, akan memberikan preseden buruk terhadap komitmen pemberantasan korupsi di Indonesia.

Baru-baru ini terungkap adanya sel mewah yang dihuni mantan Ketua DPR Setyo Novanto setelah inspeksi mendadak (sidak) Ombudsman RI.

Saat melakukan sidak, Ombudsman memergoki M Nazaruddin tengah berada di kamar Setya Novanto.

Mantan Ketua DPR RI dan eks Bendahara Partai Demokrat itu bahkan mengobrol berdua di dalam kamar.

Editor: Wahyu Aji
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help