Ridwan Kamil Disebut Teledor Pakai Istilah Revitalisasi untuk Kalimalang Bekasi

Istilah yang lebih pantas untuk program yang ingin dilakukan Ridwan Kamil di Kalimalang Bekasi cukup disebut mempercantik atau beutifikasi.

Ridwan Kamil Disebut Teledor Pakai Istilah Revitalisasi untuk Kalimalang Bekasi
TRIBUNJAKARTA.COM/YUSUF BACHTIAR
Pengamat sekaligus sejarawan Bekasi, Ali Anwar. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Yusuf Bachtiar

TRIBUNJAKARTA.COM, BEKASI - Ali Anwar, pengamat sekaligus sejarawan Bekasi menilai, istilah revitalisasi pada Kalimalang yang digunakan Gubenur Jawa Barat Ridwan Kamil perlu dikoreksi.

Menurut dia, Ridwan Kamil merupakan tokoh yang terkenal sebagai ahli desain konstruksi bangunan, harusnya mengerti istilah revitalisasi untuk melakukan perbaikan kali atau sungai yang telah rusak akibat pencemaran.

Saat ini, kondisi Kalimalang menurut Ali sudah baik karena telah melalui tahapan revitalisasi.

"Pasti Ridwan Kamil itu menyampaikan pilihan-pilihan kata yang tepat sesuai disiplin ilmu dia, jadi kalau di situ (Kalimalang) mengatakan revitalisasi, ini kan berati apakah itu sebuah keteledoran, ataukah itu sebuah pembodohan, pencitraan yang mengarah pada pembodohan," kata Ali kepada TribunJakarta.com, Minggu (16/9/2018).

Ali menambahkan, istilah yang lebih pantas untuk program yang ingin dilakukan Ridwan Kamil di Kalimalang Bekasi cukup disebut mempercantik atau beutifikasi.

"Jadi yang lebih pantas istilahnya bukan revitalisasi tetepi lebih tepat disebut beutifikasi alias mempercantik, dibuat lebih indah, kalau mau revitalisasi itu lebih cocok dilakukan di Kali Bakasi atau Kali CBL (Cikarang Bekasi Laut)," katanya.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil pada, Rabu, 12 September 2018, melalui akun instagramnya @ridwankamil mengunggah foto berisi rencana revitalisasi Kalimalang di Kota Bekasi.

Dengan memasang foto sejumlah titik lokasi yang bakal menjadi area revitalisasi serta disandingkan dengan sungai Cheonggyecheon di Seoul, Korea Selatan.

Pria yang akrab disapa Kang Emil itu menuliskan keterangan dalam ungguhan tersebut yang berisi, "Warga Kota Bekasi tercinta, sudah dimulai desain dan perencanaan, revitalisasi Kalimalang. Semoga bisa sekeren sungai Cheonggyecheon di Seoul. Dikawal warga teladan kang @kangmalik_,".

Penulis: Yusuf Bachtiar
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help