Permudah Calon Pengantin Baru, Sudin Dukcapil Jakarta Utara Tawarkan Kadoku Indah 5 in 1

Paket 5 Dokumen Kependudukan Terintegrasi Dengan 1 Pernikahan yang bisa didapatkan pasangan yang baru menikah.

Permudah Calon Pengantin Baru, Sudin Dukcapil Jakarta Utara Tawarkan Kadoku Indah 5 in 1
TRIBUNJAKARTA.COM/GERALD LEONARDO AGUSTINO
Sosialisasi Kadoku Indah 5 in 1 di Kantor Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara, Selasa (18/9/2018). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Gerald Leonardo Agustino

TRIBUNJAKARTA.COM, CILINCING - Bagi anda calon pengantin yang tinggal di wilayah Jakarta Utara kini tak perlu memusingkan urusan dokumen kependudukan yang terasa berbelit-belit.

Sebab, saat ini Suku Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Jakarta Utara telah memiliki inovasi baru lewat Kadoku Indah 5 in 1.

Kadoku Indah 5 in 1 adalah akronim dari paket 5 Dokumen Kependudukan Terintegrasi Dengan 1 Pernikahan yang bisa didapatkan pasangan yang baru menikah.

Kepala Seksi Pendaftaran Penduduk Sudin Dukcapil Jakarta Utara, Sri Supriantori menjelaskan, lima dokumen tersebut yakni dua KTP dan satu Kartu Keluarga (KK) bagi pengantin baru, serta pembaharuan Kartu Keluarga dari masing-masing orang tua pengantin laki-laki dan perempuan.

Menurutnya, program Kadoku Indah 5 in 1, lantaran banyaknya pengantin baru yang tidak sempat atau kebingungan saat membuat dokumen kependudukan.

"Selama ini kalau ada orang menikah, setelah menikah tujuannya pasti bulan madu segala macam. Mereka nggak melakukan perubahan data yang mengakibatkan database jadi nggak update," kata Sri dalam sosialisasi Kadoku Indah 5 in 1 di Kantor Kecamatan Cilincing, Selasa (18/9/2018).

Sri menilai, dengan adanya Kadoku Indah 5 in 1, pembaharuan data catatan sipil pengantin baru dapat dipercepat.

"Padahal database baru sangat diperlukan untuk mengurus keperluan lain seperti akta kelahiran hingga pembukaan rekening bank. Sekarang kita percepat, inovasikan. Begitu dia menikah, saat itu juga diberikan KTP baru dengan status berubah," imbuh dia.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Jakarta Utara Junaedi menyambut baik upaya Sudin Dukcapil Jakarta Utara tersebut dalam mempermudah calon pengantin mendapatkan dokumen kependudukan.

"Ini merupakan inovasi dimana kita memberikan kado kepada pasangan baru nikah. Bukan dalam bentuk materi kayak mobil atau kulkas tapi kado untuk persyaratan administrasi. Jadi selain buku nikah, kita berikan KTP dan KK baru," ujar Junaedi.

Junaedi mengharapkan Kadoku Indah 5 in 1 bisa segera diterapkan di seluruh wilayah di Jakarta Utara.

"Karena ini sangat membantu dan mempermudah. Ini kan namanya KTP, KK adalah pelayanan dasar, kadang orang males buat itu," katanya.

Penulis: Gerald Leonardo Agustino
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved