Proyek Flyover Akses Bantar Gebang Bekasi, Rampung Tahun 2020

"Untuk menyelesaikan kegiatan sampai 100 persen diperkirakan sampai dengan tahun 2020, namun juga terkait dengan ketersediaan dana," katanya.

Proyek Flyover Akses Bantar Gebang Bekasi, Rampung Tahun 2020
TRIBUNJAKARTA.COM/YUSUF BACHTIAR
Proyek pembangunan flyover Rawapanjang di Bekasi Timur, Kota Bekasi. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Yusuf Bachtiar

TRIBUNJAKARTA.COM, BEKASI TIMUR - Bekasi'>Pemerintah Kota Bekasi menargetkan tahun 2020, pembangunan dua proyek jalan layang (flayover) di persimpangan Rawapanjang dan Jalan Cipendawa rampung.

Kepala Bidang Bina Marga Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (BMSDA) Kota Bekasi, Widayat Subroto mengatakan, sampai dengan akhir tahun ini, prospek pembangunan baru sampai 30 persen.

"Prospek pembangunan untuk tahun ini akan diselesaikan 30 persen dari total flyover, untuk menyelesaikan kegiatan sampai 100 persen diperkirakan sampai dengan tahun 2020, namun juga terkait dengan ketersediaan dana kita," kata Widayat saat dikonfirmasi, Selasa (18/9/2018).

Dia menambahkan, dari 30 persen itu, elemen konstruksi yang baru dijalankan diantaranya pembangunan pondasi, pembuatan saluran air, dan pembebasan lahan

"Pemasangan 10 titik pondasi, peir dan kolom termasuk girder sampai dengan beton jalan, pembebasan lahan, jalur pengalihan arus dan pemasangan box dan uditch saluran air," katanya.

Proyek flyover Rawapanjang nantinya akan menghubungkan Jalan Jenderal Ahmad Yani, dan Jalan Raya Narogong, sedangkan, flyover over Cipendawa akan menghubungkan Jalan Raya Cipendawa dan Jalan Raya Narogong.

Pembangunan proyek dua flyover tersebut juga untuk mengurai kepadatan di dua persimpangan jalan yang merupakan akses kendaraan truk sampah menuju TPTS Bantar Gebang.

"Salah satunya itu (truk sampah), cuma secara umum untuk mengurangi kemacetan dan menurunkan waktu tempuh kendaraan,"katanya.

Kendaraan dari arah Jenderal Ahmad Yani mengarah ke Jalan Raya Narogong tidak perlu berhenti di persaingan jalan, langsung melalui flyover Rawapanjang.

Sedangkan, untuk flayover Cipendawa, akan dibangun dua arah untuk ke Bekasi dan Bantar Gebang.

Penulis: Yusuf Bachtiar
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved