Ditertibkan Satpol PP, Pedagang Ikan Hias Jatinegara Sebut Kantongi Izin dari Anies Baswedan

"Isu relokasi sebenarnya sudah dari dulu, tapi sampai sekarang enggak ada realisasinya, kami kan juga punya hak," kata Ridwan.

Ditertibkan Satpol PP, Pedagang Ikan Hias Jatinegara Sebut Kantongi Izin dari Anies Baswedan
TribunJakarta/Dionisius Arya Bima Suci
Ridwan (kiri), koordinator pedagang ikan hias Jatinegara 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Dionisius Arya Bima Suci

TRIBUNJAKARTA.COM, JATINEGARA - Ridwan, Koordinator Paguyuban Pedagang Ikan Hias Jatinegara memprotes keras penertiban yang dilakukan oleh petugas Satpol PP.

Ia mengaku, sempat bertemu dengan Gubernur DKI  Jakarta Anies Baswedan dan mendapat izin dari dia para pedagang ikan hias berjualan di trotoar.

"Dulu saat pak Anies baru menjabat kami datangi, ketemu langsung sama gubernur, dia bilang sementara waktu diperbolehkan berjualan di belakang garis kuning (lajur disabilitas) sampai ada relokasi," ucapnya kepada awak media, Senin (24/9/2018).

Meski demikian, ia tak memiliki bukti yang menunjukkan bahwa Anies Baswedan mengizinkan para pedagang ikan hias berjualan di trotoar.

"Saya minta surat ke Gubernur, dia enggak mau ngeluarin tuh surat, minta ke wali kota enggak bisa juga, enggak ada informasi, tahu-tahu seperti ini," ujarnya di Jalan Matraman Raya, Bali Mester, Jatinegara, Jakarta Timur.

Ia pun mempertanyakan nasib para pedagang yang telah digusur oleh petugas Satpol PP, namun belum mendapatkan lahan baru untuk berjualan.

Menurutnya, pemerintah hanya memperdulikan hak pejalan kaki, namun mengabaikan pedagang kecil seperti dirinya.

"Isu relokasi sebenarnya sudah dari dulu, tapi sampai sekarang enggak ada realisasinya, kami kan juga punya hak. Jangan hak pejalan kaki saja yang dipikirkan dong," kata Ridwan.

Pria yang mengaku telah puluhan tahun berjualan ikan hias di Jatinegara itu meminta pemerintah segera merealisasi janjinya untuk menyediakan lahan baru bagi para PKL tersebut.

Razia Trotoar, Satpol PP Bongkar Lapak PKL Pasar Ikan Jatinegara

Ada Pengerjaan Proyek Skybridge, Sejumlah PKL Berjualan di Trotoar Tanah Abang

Yuk Berburu Ikan Hias Murah di Trotoar Jatinegara

"Katanya dulu mau di Raden Inten, kalau ada tempat ayo dirembukan, ayo musyawarahkan dengan pedagang," ucapnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, hari ini Satpol PP melakukan penertiban terhadap sejumlah PKL yang biasa mengokupasi trotoar di wilayah Jakarta Timur.

Menurut Kasatpol PP Jakarta Timur Hartono Abdullah, penertiban tersebut dilakukan serentak di 10 Kecamatan guna mengembalikan fungsi trotoar untuk pejalan kaki.

"Kita tahu semua bahwa cukup banyak trotoar yang diokupasi oleh PKL dan hari ini kami tertibkan," ucapnya kepada awak media.

Penulis: Dionisius Arya Bima Suci
Editor: Erik Sinaga
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help