3 Gedung Ini Terinterkoneksi Stasiun MRT Jakarta

Adapun tiga gedung yang terinterkoneksi dengan Stasiun MRT, diantaranya Blok M Plaza, Menara UoB, dan Indonesia One

3 Gedung Ini Terinterkoneksi Stasiun MRT Jakarta
ISTIMEWA
Uji Coba rangkaian kereta pertama MRT Jakarta menggunakan System Acceptance Test (SAT) di Depo Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Kamis (9/8/2018). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Suci Febriastuti

TRIBUNJAKARTA.COM, MENTENG - Tiga gedung yang berada di sepanjang jalur Mass Rapid Transit (MRT) fase I Lebak Bulus-Bundaran Hotel Indonesia (HI) akan terinterkoneksi dengan stasiun.

"Interkoneksi ini memang banyak disepanjang jalur MRT yang tertarik untuk nyambung terinterkoneksi. Tapi sejauh ini yang sudah definitif dan berprogres membangun sudah akan jadi itu ada 3," kata Direktur Operasi dan Pemeliharaan Agung Wicaksono di Restoran Tjikini Lima, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (4/10/2018).

Adapun tiga gedung yang terinterkoneksi dengan Stasiun MRT, diantaranya Blok M Plaza, Menara UoB, dan Indonesia One.

Untuk di Blok M Plaza, berada di jalur layang dan nantinya terdapat jembatan langsung dari Stasiun MRT ke gedungnya.

Lalu, interkoneksi di Menara UOB yang terletak di Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, akan dibangun di tempat yang dahulu pernah kebanjiran basementnya.

"Justru basementnya sekarang ada kayak foodcourt akan nyambung dengan stasiun MRT Dukuh Atas," kata Agung.

Gedung Indonesia One adalah gedung yang baru dibangun dan akan terkoneksi dengan stasiun akhir MRT yaitu Stasiun Bundaran HI.

Polisi Sebut Ratna Sarumpaet Seorang Diri saat Ditangkap di Bandara Soekarno-Hatta

Ratna Sarumpaet Ditangkap Polisi Sebelum Berangkat ke Chili

"Itu akan nyambung dengan Stasiun Bundaran HI dibawah. Karena ketika mereka bangun, mengajukan izin, dan diberi kewajiban. Oke boleh bangun tapi harus nyambung ke stasiun MRT," kata dia.

"Jadi 3 itu sudah terjadi. Nah yang lain masih dalam bentuk MoU yang masih kita tindaklanjuti untuk ada sebuah kerja sama sebelum membangun interkoneksi," lanjutnya.

Agung mengatakan puluhan pemilik gedung berminat untuk terkoneksi dengan Stasiun MRT Jakarta.

"Banyak kalau dari MoU itu ada 40 hingga 50an. Itu dikaji dulu datanya sepeti apa. Kan belum tentu semuanya memungkinkan," ungkapnya.

Saat ini MRT Jakarta sedang fokus untuk mengejar target agar di bulan Maret 2019 mendatang kereta MRT Jakarta sudah bisa beroperasi.

"Tiga itu menurut saya sudah menunjukan minat yang nyata. Artinya para pengembang ini sudah paham pentingnya interkoneksi, pentingnya memudahkan warga dengan penumpang, dan mereka juga paham manfaat ekonominya. Tapi orang kalau sudah lihat dia baru yakin, dia baru mau," tukasnya.

Penulis: Suci Febriastuti
Editor: Muhammad Zulfikar
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help