Sinkronisasi Transportasi Dinilai Ubah Gaya Hidup Masyarakat Urban

Wakil Ketua Umum Persatuan Insinyur Indonesia (PII) Heru Dewanto menilai Indonesia memerlukan sistem transportasi yang lebih efisien.

Sinkronisasi Transportasi Dinilai Ubah Gaya Hidup Masyarakat Urban
TribunJakarta.com/ Suci Febriastuti
Diskusi Media Kebangkitan Kereta Api Nasional di Rumah Makan Tjikini Lima, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (4/10/2018). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Suci Febriastuti

TRIBUNJAKARTA.COM, MENTENG - Wakil Ketua Umum Persatuan Insinyur Indonesia (PII) Heru Dewanto menilai Indonesia memerlukan sistem transportasi yang lebih efisien.

Hal itu guna menunjang mobilitas dan produktivitas penduduk.

Oleh karenanya, Heru mengatakan digunakan sebuah algoritma sehingga seluruh jadwal moda transportasi akan sinkron dengan pengaturan lalu lintas di jalan raya, termasuk sistem lampu lalu lintas.

"Dengan sistem yang sudah tersinkronisasi, maka masyarakat akan lebih punctual (tepat waktu) dan akan lebih mudah mengatur jadwal kegiatan mereka sehinngga lebih produktif," ujar Heru di Restoran Tjikini Lima, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (4/10/2018).

Kemajuan transportasi, terutama untuk kereta api telah dirasakan saat ini, salah satunya adalah Commuter Line yang menghubungkan Jakarta dengan wilayah satelitnya.

Sebentar lagi, Jakarta juga akan memiliki Mass Rapid Transit (MRT) dan Light Rapid Transit (LRT).

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Operasional dan Pemeliharaan PT MRT Jakarta Agung Wicaksono mengatakan, hadirnya transportasi massal berbasis kereta api seperti MRT akan mengubah gaya hidup masyarakat urban.

"MRT akan mendorong masyarakat untuk lebih tepat waktu, meningkatkan budaya antre, menjaga kebersihan, dan hal-hal positif lainnya," kata Agung.

Agung melanjutkan, MRT akan membuka aksesibilitas bagi semua orang untuk dapat memanfaatkan transportasi publik yang aman dan nyaman.

Sementara itu, Komisaris PT KAI, Suhono Harso Supangkat mengatakan, kereta api sebagai moda transportasi massal yang efisien dan efektif sudah dibuktikan melalui kehadiran KRL Commuter Line yang menghubungkan Jakarta dengan daerah-daerah satelit.

Saat ini, penumpang Commuter Line sudah mencapai lebih dari satu juta penumpang setiap hari.

"Masyarakat di Indonesia telah menyadari bahwa moda transportasi kereta api telah memberikan ketepatan waktu yang lebih baik dibandingkan dengan moda transportasi lainnya," ujarnya.

Menristek Dikti Luncurkan Pendidikan Jarak Jauh di Indonesia

Kings Archery Klub Depok Tanamkan Pentingnya Menjaga Sikap kepada Anggota

Demi Tambahan Uang Jajan, Bocah Ini Memulung Sambil Mengemis di Kelapa Gading

"Terutama untuk menunjang mobilitas sehari-hari masyarakat urban. Ketepatan waktu akan membuat masyarakat dapat lebih efisien dan produktif," ujarnya

Penulis: Suci Febriastuti
Editor: Ferdinand Waskita Suryacahya
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved