Pilpres 2019

Hasil Survei SMRC, Prabowo-Sandiaga Jauh Dibawah Jokowi-Ma'ruf

Survei tersebut menunjukkan pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin jauh mengungguli pasangan Prabowo-Sandiaga Uno.

Hasil Survei SMRC,  Prabowo-Sandiaga Jauh Dibawah Jokowi-Ma'ruf
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Pasangan Capres dan Cawapres nomor urut 01 Joko Widodo (kedua kiri) dan Ma'ruf Amin (kiri) beserta Pasangan Capres dan Cawapres nomor urut 02 Prabowo Subianto (kedua kanan) dan Sandiaga Salahudin Uno (kanan) membacakan ikrar deklarasi damai saat meghadiri Deklarasi Kampanye Damai Pemilu Serentak 2019 di Silang Monas, Jakarta, Minggu (23/9/2018). Deklarasi Kampanye Damai Pemilu Serentak 2019 yang diikuti KPU, pasangan Capres dan Cawapres, dan 16 partai politik nasional tersebut mengambil tema 'Kampanye anti SARA dan HOAKS untuk menjadikan pemilih berdaulat agar negara kuat'. 

TRIBUNJAKARTA.COM - Saiful Mujani Research Center (SMRC) telah merilish hasil survei mereka terhadap kedua pasang calon presiden dan wakil presiden 2019, dilansir TribunWow.com dari Kompas.com pada Minggu (7/10/2018).

Dalam survei ini SMRC menggunakan satu metode yaitu dengan melakukan wawacara lewat tatap muka dengan koresponden.

Survei tersebut menunjukkan pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin jauh mengungguli pasangan Prabowo-Sandiaga Uno.

Hasil menunjukkan Jokowi-Ma'ruf unggul dengan hasil 60,4 persen sedangkan Prabowo -Sandiaga hanya mendapat 29,8 persen. Sementara sisanya 9,8 persen memilih untuk tidak menjawab.

Dilansir TribunWow dari Kompas.com pada Minggu (7/10/2018), Direktur Eksekutif SMRC Djayadi Hanan memaparkan hasil simulasi tersebut.

Anggaran IMF-World Bank: Kubu Prabowo Ingatkan Gempa Sulteng, Tim Jokowi Tegaskan Bukan Foya-foya

Seorang Diri Kontingen Palestina Jadi Primadona, Jokowi Pakai Isyarat Saat Buka Asian Para Games

"Untuk simulasi dua pasangan, Jokowi-Ma'ruf Amin 60,4 persen dan Prabowo-Sandiaga 29,8 persen. Sementara 9,8 persen tidak menjawab," ujar Direktur Eksekutif Saiful Mujani Research & Consulting (SMRC) Djayadi Hanan di Kantor SMRC, Jakarta.

Survei yang dilakukan dengan cara multistage random sampling tersebut memiliki margin of error sebesar kurang lebih 3,05 persen.

Sebanyak 1.074 peserta yang tersebar di seluruh Indonesia dilibatkan dalam survei yang dilaksanakan mulai dari 7 september hingga 24 september.

Sementara itu Djayadi juga mengatakan kehadiran cawapres belum berpengaruh apabila dilihat dari hasil yang tak jauh beda antara simulasi dua pasangan dengan simulasi dua capres.

Tingginya angka survei dari pasangan Jokowi-Ma'ruf enam bulan jelang pilpres dipengaruhi oleh tingginya elektabilitas Jokowi yang menyentuh angka 60,2 persen. (*)

Artikel ini telah tayang di Tribunwow.com dengan judul Hasil Survei SMRC, Jokowi-Maruf Amin Unggul Jauh dari Prabowo-Sandiaga

Editor: Rr Dewi Kartika H
Sumber: TribunWow.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved