BNPB: Gunung Salak Tidak Alami Erupsi

"Gunung Salak tidak mengalami erupsi. Gunung Salak saat ini masih berada pada tingkat aktifitas Level I (Normal)," ujar Sutopo

BNPB: Gunung Salak Tidak Alami Erupsi
Tribunnews.com
Gunung Salak 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Nawir Arsyad Akbar

TRIBUNJAKARTA.COM, MATRAMAN - Darwin Volcanic Ash Advisory Centre (VAAC) sempat mengungkapkan, aktivitas Gunung Salak mengalami peningkatan, Rabu (10/10/2018) kemarin.

Informasi itu menyebutkan adanya aktivitas letusan di Gunung Salak yang tertangkap Satelit Himawari.

Namun, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho menegaskan bahwa informasi terkait
erupsi Gunung Salak di Bogor, Jawa Barat, adalah tidak benar.

"Gunung Salak tidak mengalami erupsi. Gunung Salak saat ini masih berada pada tingkat aktifitas Level I (Normal)," ujar Sutopo di Graha BNPB, Matraman, Jakarta Timur, Kamis (11/10/2018).

Sutopo menjelaskan, berdasarkan hasil observasi langsung oleh pengamat Gunung Salak hingga Rabu (11/10/2018) pukul 20.00 WIB bahwa tidak teramati adanya jatuhan atau hujan abu vulkanik.

Selain itu tidak terdengar suara dentuman, baik di wilayah Gunung Salak atau di sekitar lerengnya seperti di wilayah Taman Nasional Cidahu.

Bonus Atlet Peraih Medali Asian Para Games Diberikan Sebelum Upacara Penutupan

Update Pelatih Timnas Indonesia: Rencana PSSI, Peluang Luis Milla Hingga Kesiapan Bima Sakti

"Masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpancing isu-isu yang tidak jelas sumbernya. Penerbangan dinyatakan aman," ujar Sutopo.

Sebelumnya, Darwin Volcanic Ash Recovery Center menerbitkan peringatan soal erupsi Gunung Salak pada Rabu (10/10/2018). Menurut mereka, tanda erupsi itu berupa asap setinggi 50.000 kaki dari puncak.

Mendengar penjelasan dari BNPB, VAAC pun sudah meralat pernyataan mereka. VAAC mengoreksi bahwa tidak ada letusan dari Gunung Salak.

Penulis: Nawir Arsyad Akbar
Editor: Muhammad Zulfikar
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved