Gempa 6,4 SR di Situbondo, BNPB : 3 Orang Meninggal Dunia dan 51 Unit Rumah Rusak

Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan 3 orang meninggal dunia akibat gempa yang terjadi di Situbondo, Jawa Timur kekuatan 6,4 SR

Gempa 6,4 SR di Situbondo, BNPB : 3 Orang Meninggal Dunia dan 51 Unit Rumah Rusak
TribunJakarta.com/Nawir Arsyad Akbar
Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho terkait pembaruan informasi gempa dan tsunami di Donggala dan Palu, Sulawesi Tengah, di Graha BNPB, Jakarta Timur, Rabu (10/10/2018). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Nawir Arsyad Akbar

TRIBUNJAKARTA.COM, MATRAMAN - Gempa dengan kekuatan 6,4 skala richter, dengan pusat gempa berada di 61 kilometer timur laut Situbondo, Jawa Timur terjadi sekitar pukul 01.44 WIB, pada Kamis (11/10/2018).

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, sebanyak 3 orang meninggal dunia akibat gempa yang terjadi dini hari tersebut.

"Tiga orang meninggal dunia di Kecamatan Gayam, Kabupaten Sumenep. Korban meninggal atau luka diakibatkan tertimpa reruntuhan, soalnya gempa terjadi pada malam hari," ujar Sutopo di Graha BNPB, Jakarta Timur, Kamis (11/10/2018).

Berdasarkan data dari BNPB, akibat gempa tersebut, sebanyak 8 orang luka-luka, 51 unit rumah, 2 fasilitas pendidikan, 2 tempat ibadah, 1 gedung toko, dan 1 kantor mengalami kerusakan.

Sutopo menjelaskan, gempa 6,4 skala richter dirasakan oleh 22 kabupaten/kota di Jawa Timur, 3 kabupaten/kota di Bali, dan 2 kabupaten/kota di Nusa Tenggara Barat.

"Daerah yang paling parah mengalami kerusakan di Kepulauan Sapudi, karena paling dekat dengan pusat gempa. Pendataan masih terus dilakukan," ujar Sutopo.

Gempa 6,4 SR Guncang Situbondo, Tiga Orang Meninggal Dunia

Data Sementara Korban Tewas Gempa 6,4 SR di Situbondo Berjumlah Tiga Orang, Berikut Identitasnya

Pencarian Korban Gempa dan Tsunami di Sulawesi Tengah Diperpanjang Sehari

Adapun tiga orang yang meninggal dunia akibat gempa di Situbondo, yaitu :

1.Nuril Kamiliya (L/7) Desa Prambanan, Kecamatan Gayam - Sumenep.
2. H. Nadhar (P/55) Dusun Jambusok, Desa Prambanan, Kecamatan Gayam - Sumenep.
3. Laki-laki Dewasa (masih identifikasi) Desa Prambanan, Kecamatan Gayam - Sumenep.

Selain itu, Sutopo menjelaskan, berdasarkan analisis peta gempa dirasakan, intensitas gempa dirasakan III-IV MMI di Denpasar, III MMI di Karangkates, III MMI di Gianyar, III MMI di Lombok Barat, III MMI di Mataram, III MMI di Pandaan.

"Artinya, gempa dirasakan ringan hingga sedang. Secara umum tidak banyak dampak kerusakan akibat gempa," ujar Sutopo.

Penulis: Nawir Arsyad Akbar
Editor: Erik Sinaga
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help