Anies Baswedan Sebut Rusunami DP 0 Rupiah Samawa Saat Peresmian Klapa Village, Ternyata Ini Maknanya

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut Rusunami DP nol rupiah menjadi rumah DP 0 rupiah Samawa

Anies Baswedan Sebut Rusunami DP 0 Rupiah Samawa Saat Peresmian Klapa Village, Ternyata Ini Maknanya
TribunJakarta/Nawir Arsyad Akbar
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meninjau proyek pembangunan rumah DP 0 rupiah Klapa Village dari Pemprov DKI Jakarta di kawasan Duren Sawit, Jakarta Timur, Jumat (12/10/2018). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Nawir Arsyad Akbar

TRIBUNJAKARTA.COM, DUREN SAWIT - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, baru saja meresmikan salah satu program unggulannya saat kampanye, yaitu rumah dengan uang muka atau down payment (DP) 0 rupiah di kawasan Duren Sawit, Jakarta Timur.

Namun dalam peresmiannya yang berlangsung tadi siang, Anies Baswedan memperkenalkan nama baru dari salah satu program unggulannya tersebut, menjadi rumah DP 0 rupiah Samawa.

"Kita menyebutnya Samawa, yang harapannya nanti bukan sekedar bentuk bangunan rumah tp menjd tempat untuk tumbuhnya keluarga yang bahagia di rumah-rumah ini," ujar Anies Baswedan, Jumat (12/10/2018).

Samawa sendiri merupakan akronim dari 'Solusi Rumah Warga', yang diharapkan lewat program rumah DP 0 rupiah tersebut, warga DKI Jakarta yang berpenghasilan rendah dapat memiliki hunian yang layak.

Plt Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman DKI Jakarta Meli Budiastuti, juga mengatakan bahwa rumah DP 0 rupiah Samawa dapat memudahkan warga Jakarta memiliki hunian, tanpa diberatkan oleh uang muka atau down payment.

Demi memudahkan warga yang ingin memiliki hunian, Meli mengatakan bahwa pihaknya akan membuka loket pendaftaran di kantor dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman, serta ada di lima kantor Wali Kota yang ada di Jakarta.

"Jadi untuk mendekatkan ke warga nanti, akan dibuka desk di masing-masing (kantor) Wali Kota. Jadi masyarakat cukup membawa KTPnya dulu, untuk mengisi formulir, lalu setelah itu kami input data KTP-nya," ujar Meli.

Anies Resmikan Rusunami Rp 0 Rupiah: Harga Mulai Rp 184 Juta, Pesan Mulai November

Cerita Aida, Terapis Tuna Netra yang Bangga Membantu Jurnalis Asian Para Games 2018

Syarat Memiliki Rumah DP 0 Rupiah di Klapa Village

Rusunami Klapa Village yang berada di kawasan Duren Sawit, Jakarta Timur berdiri di atas 1,5 hektar dan direncanakan selesai pembangunannya hingga 21 lantai pada Juli 2019.

Sudah ada 6.000 pendaftar yang tertarik memiliki unit rusun Klapa Village, dan Pemprov DKI Jakarta akan memilih 780 orang yang memenuhi syarat menempati rusunami tersebut.

"Sekali lagi, ini adalah untuk menjawab kebutuhan 51,7 persen warga Jakarta yang tidak memiliki rumah tinggal milik. Dengan program ini InsyaAllah mereka akan bisa memiliki rumah tinggal satu per satu," ujar Anies Baswedan.

Penulis: Nawir Arsyad Akbar
Editor: Erik Sinaga
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved