Maju pada Pileg 2019, 20 Anggota Fraksi PDIP DKI Jakarta Serahkan LHKPN ke KPK

Anggota fraksi PDI Perjuangan DPRD DKI Jakarta menyerahkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN)

Maju pada Pileg 2019, 20 Anggota Fraksi PDIP DKI Jakarta Serahkan LHKPN ke KPK
KOMPAS.com/NURSITA SARI
Suasana rapat Badan Anggaran Banggar (DPRD DKI) membahas rancangan APBD Perubahan 2018 di gedung DPRD DKI Jakarta, Jalan Kebon Sirih, Rabu (29/8/2018). 

Laporan wartawan TribunJakarta.com, Pebby Adhe Liana

TRIBUNJAKARTA.COM, GAMBIR - Anggota fraksi PDI Perjuangan DPRD DKI Jakarta menyerahkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Penyerahan tersebut dilakukan oleh anggota yang berstatus sebagai Calon Legislatif dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 mendatang.

"Ini adalah sebagai bentuk ketaatan kita dari Fraksi PDIP terhadap kewajiban melaporkan harta kekayaan kepada penyelenggara negara. Sekaligus juga kita memotivasi pada yang lain untuk ikut bersama melaporkan agar ketaatan kita terhadap aturan perundang-undangan bisa kita taati bersama," tutur Ketua Fraksi PDIP DKI Jakarta Gembong Warsonk, Kamis (11/10/2018).

Gembong menjelaskan, setidaknya ada 20 anggota dari 28 anggota yang telah menyerahkan LHKPN tersebut.

Delapan anggota lainnya, akan menyusul dalam penyerahan laporan tersebut kepada KPK dalam waktu dekat.

"Secepatnya. Harapan kita sebelum akhir bulan ini, semua fraksi PDIP 28 orang itu bisa melaporkan secara lengkap pada KPK," kata Gembong.

Kendati demikian, Gembong menyebut bahwa nantinya akan ada sanksi administrasi bagi peserta yang tak mendaftarkan LHKPN tersebut.

Sebab, menurut Anggota tim Direktorat Pendaftaran dan Pemeriksaan LHKPN KPK Rika Krisdianawati, LHKPN merupakan salah satu syarat bagi calon (legislatif) yang akan dilantik.

"Pasti (ada sanksi). Tapi saya yakin 28 (anggota) saya yakin semua melaporkan. Sangat optimis 28 (anggota) akan melaporkan harta kekayaannya pada KPK," ungkap Gembong.

Penulis: Pebby Ade Liana
Editor: Mohamad Afkar Sarvika
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help