Manfaatkan Lahan di Bantaran Kali, Pemkot Jakarta Pusat Garap Ladang di Tengah Kota

"Jadi dimanfaatkan untuk pemberdayaan lahan, untuk nanam cabe, timun suri, berladang di tengah kota tapi menghasilkan," kata Irwandi.

Manfaatkan Lahan di Bantaran Kali, Pemkot Jakarta Pusat Garap Ladang di Tengah Kota
TRIBUNJAKARTA.COM/LEO PERMANA
Wakil Wali Kota Jakarta Pusat, Irwandi bersama Unit Perangkat Kerja Daerah (UKPD) panen cabe di sisi bantaran kali Banjir Kanal Barat (BKB), Tanah Abang, Jumat (12/10/2018). 

Laporan Wartawan Tribunjakarta.com, Leo Permana

TRIBUNJAKARTA.COM, TANAH ABANG - Wakil Wali Kota Jakarta Pusat, Irwandi bersama Unit Perangkat Kerja Daerah (UKPD) panen cabe di sisi bantaran kali Banjir Kanal Barat (BKB), Tanah Abang, Jumat (12/10/2018).

Ia menjelaskan, jika adanya ladang cabe di sana merupakan insiatif dari Sudin KPKP Pemkot Jakarta Pusat untuk memanfaatkan lahan-lahan yang ada di sana.

"Ini jangan sampai nanti dibangun gubuk, dibangun segala macam kita bongkarnya susah," ujarnya di lokasi, Jumat (12/10/2018).

"Jadi dimanfaatkan untuk pemberdayaan lahan, untuk nanam cabe, timun suri, berladang di tengah kota tapi menghasilkan, terutama di sini kita fokusnya cabe," kata Irwandi.

Irwandi menjelaskan jika ladang tersebut dikelola oleh warga sekitar yang berinisiatif ingin mengerjakannya.

"Di sini ada warga yang memang mau mengerjakan, dibantu oleh Pemda dalam ini Pemkot Jakpus, ada Sudin KPKP, ada Lurah ada Camat," ungkapnya.

"Di sini Camat dan Lurah punya tugas juga untuk memantau, mengayomi dan membina petani cabe di sini agar perkebunan cabe di sini bisa bermanfaat dan menghasilkan cabe," lanjutnya

Selain itu, ia juga menerangkan penanaman cabe ini juga dalam bentuk ketahanan pangan.

"Cabe kadang-kadang harganya fluktuatif, harganya mahal tapi kita bisa menghasilkan swadaya dari lahan-lahan ini, maka itu perlu kita kembangkan lagi," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian Jakarta Pusat, Bayu Sari Hastuti mengatakan kegiatan ini sudah berjalan selama dua tahun.

Andi Arief Tak Khawatir Kritik Prabowo Jarang Turun Temui Rakyat, Jangan Terlalu Banyak di Sarang

Punya 3 Tipe, Palling Murah Rp 184 Juta, Ini Lokasi Rusunami DP 0 Rupiah untuk Warga Jakarta

"Sudah dua tahun, sudah ganti-ganti juga komunitasnya, kalau bulan puasa biasa tanamnya timun suri," timpal Sari yang berada di sekitar lokasi, Jumat (12/10/2018).

Sekedar informasi, ladang tersebut berada di Kelompok Tani (Banjir Kanal Barat) BKB rt 01/RW 01, Kelurahan Petamburan, Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Penulis: Leo Permana
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved