Satu Orang Pembobol ATM di Kebon Jeruk Ditangkap, Dua Lainnya Masih Dikejar Polisi

Dua dari tiga pelaku pembobolan mesin ATM di Kebon Jeruk masih buron dan sedang dikejar aparat Polsek Kebon Jeruk

Satu Orang Pembobol ATM di Kebon Jeruk Ditangkap, Dua Lainnya Masih Dikejar Polisi
TribunJakarta/Novian Ardiansyah
Polsek Kebon Jeruk 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Novian Ardiansyah

TRIBUNJAKARTA.COM, KEBON JERUK - Dua dari tiga pelaku pembobolan ATM di Kebon Jeruk masih buron dan sedang dalam tahap pengejaran usai diketahui identitasnya.

Sementara itu, satu pelaku lain berinisial Z (25) berhasil dibekuk di hari yang sama saat ia menjalankan aksinya di ATM di Jalan Raya Sukabumi, pada Minggu (7/10/2018).

"Kami amankan saat ini pelaku Z setelah melakukan perbuatan tersebut. Dua orang temannya sudah dapat kita identifikasi dan dalam pengejaran," kata Kanit Reskrim Polsek Kebon Jeruk, Josman Harianja di Polsek Kebon Jeruk, Jumat (12/10/2018).

Josman mengatakan, modus pembobolan yang dilakukan oleh ketiga pelaku terbilang baru.

Pasalnya dalam melancarkan sejumlah aksi, pelaku selalu berpura-pura layaknya orang yang sedang melalukan transaksi di mesin ATM.

"Modus yang dilakukan dengan cara memasukan kartu ATM milik para pelaku seperti transaksi biasa. Pada saat uang diangkat ke atas dia sebelumnya sudah menyiapkan sakelar tambahan untuk mesin ATM,"

Ketika uang keluar dari mesin ATM sesuai jumlah penarikan, lanjut Josman, sakelar yang ditambahkan oleh pelaku itu kemudian mati secara otomatis.

"Ketika mesin ATM mati, ketika uang nyangkut di atas, mereka tarik dengan pengait dan sampai keluar dan dikumpulkan uangnya. Dan dilakukan pelaku berulang kali di bebarapa ATM," kata Josman.

Josman menjelaskan, jika sebelumnya para pelaku sudah menyambungkan lebih dahulu sakelar tambahan ke sakelar asli milik mesin ATM.

"Sakelarnya diletakkan di bawah dan disambung ke saklar aslinya. Sehingga colokan ini hanya untuk memudahkan dia ketika menarik uang dari brankas kas dan otomatis enggak bisa turun lagi uangnya," jelasnya.

Dinas Lingkungan Hidup Tangerang Selatan Menduga Gas Beraroma Menyengat di Pondok Aren Berbahaya

Menengok Stasiun Tanjung Priok Jakarta Utara Kini

Waspada, Kebiasaan Ngupil Berisiko Tinggi Terkena Infeksi Pneumokokus

Ia menambahkan, berdasarkan keterangan pelaku mengaku baru sekali menjalankan aksinya tersebut

"Ini modus baru dengan menggunakan sakelar ini. Menurut pengakuan mereka baru kali ini. Mudah-mudahan dengan tertangkapnya pelaku ini, pelaku lainnya dapat tertangkap," ujar Josman.

Adapun barang bukti yang turut diamankan dari pelaku ialah berupa seperangkat alat penjepit dan pengait uang dari ATM. Serta kartu ATM dan satu unit mobil.

Atas perbuatannya tersebut, pelaku Z dikenai Pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan dan terancan hukuman pidana maksimal 7 tahun penjara.

Penulis: Novian Ardiansyah
Editor: Erik Sinaga
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved