Info Kesehatan

Sederet Penyebab dan Cara Atasi Tumit Pecah-pecah, Cukup Mudah!

Tumit retak-retak dapat disebabkan oleh sejumlah faktor, seperti kebiasaan tidak menggunakan alas kaki saat berjalan, berat badan berlebihan DLL.

Sederet Penyebab dan Cara Atasi Tumit Pecah-pecah, Cukup Mudah!
thinkstockphotos.com/Bangkapos.com
ilustrasi tumit kaki 

BANGKAPOS.COM – Tumit pecah-pecah merupakan satu di antara permasalahan kulit yang mambuat tidak percaya diri. Selain menyakitkan, penderita juga merasa tidak nyaman dan terganggu.

Padahal dapat dihindari dengan perawatan yang tepat supaya kulit sekitar tumit tidak kering, tebal, dan menimbulkan retak.

Tumit retak-retak dapat disebabkan oleh sejumlah faktor, seperti kebiasaan tidak menggunakan alas kaki saat berjalan, berat badan berlebihan, tidak menggunakan kaos kaki, dehidrasi, mandi terlalu lama dengan air panas.

Selain itu, bisa disebabkan karena kencing manis, terkena sabun atau deterjen, dan kondisi terlalu dingin.

Pencegahannya dapat dilakukan dengan cara mencuci kaki dengan sabun anti-bakteri setiap sebelum tidur, mengoleskan pelembab, memakai kaus kaki katun setiap mau tidur, dan perbanyak minum air putih.

Lalu, gunakan batu apung untuk menghilangkan kulit mati, rendam kaki dalam air hangat, pakai sepatu yang nyaman. Serta, segera konsultasi ke dokter jika tumit sudah berdarah.

Melansir dari laman dokter.id, berikut lima perawatan alami yang dapat dilakukan dirumah untuk mengobati tumit pecah-pecah:

Gunakan seember air hangat ditambahkan dengan secangkir jus lemon. Rendam kaki selama 15 menit.

Kemudian ganti isi ember dengan air hangat segar dan tambahkan satu sendok makan sampo rendam kakiselama 15 menit. Gosok kaki lembut dengan batu apung untuk menghilangkan kulit mati. 

Cuci dengan bersih kemudian keringkan. Oleskan lotion pelembab dan gunakan kaus kaki setelahnya. Ulangi perawatan ini setiap 5 hari. 

 Panaskan beberapa lilin parafin dengan minyak kelapa, dinginkan dan oleskan. Gunakan kaus kaki dan tidur, bilas kaki dengan bersih di pagi hari.  Minyak mustard dan lilin juga dapat digunakan. 

Oleskan minyak zaitun dan gunakan kaus kaki katun selama semalaman, ulangi setiap malam selama dua minggu dan Anda akan melihat tumit Anda lembut dan  kenyal.

 Merendam  kaki dalam air hangat; gosok tumit lembut dengan batu apung.  Keringkan, hancurkan satu buah pisang matang dan oleskan pada kaki, diamkan selama 20 menit. Cuci bersih dan keringkan.

 Untuk mendapatkan tumit yang sehat tidak dapat hanya melakukan perawatan satu  kali, namun harus dilakukan secara teratur. (*)

Artikel ini telah tayang di bangkapos.com dengan judul Inilah Cara Merawat Tumit Kaki Agar Tak Pecah-pecah
Penulis: Idandi Meika Jovanka
Editor: teddymalaka

Editor: Erlina Fury Santika
Sumber: Bangka Pos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved