Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane Sebut Biaya Normalisasi DAS Kali Bekasi Rp 5 Triliun

Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSCC) mengkalkulasi biaya normalisasi secara keseluruhan Daerah Aliran Sungai Kali Bekasi Rp 5 Triliun

Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane Sebut Biaya Normalisasi DAS Kali Bekasi Rp 5 Triliun
TRIBUNJAKARTA.COM/YUSUF BACHTIAR
Kegiatan diskusi bertajuk Hidup Aman dan Nyaman Bersama Sungai yang diselenggarakan KP2C di aula serbaguna Masjid Siti Rawani, Villa Nusa Indah, Kecamatan Jatiasih, Kota Bekasi, Sabtu (13/10/2018). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Yusuf Bachtiar

TRIBUNJAKARTA.COM, JATIASIH - Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSCC) mengkalkulasi biaya normalisasi secara keseluruhan Daerah Aliran Sungai (DAS) Kali Bekasi sebesar Rp 5 triliun.

Kepala BBWSCC Bambang Hidayah mengatakan, kalkulasi itu didapat dari hasil penghitungan yang dilakukan oleh konsultan.

"Kalau dari perencana untuk kali Bekasi sekitar Rp 5 T, itu anggaran konsultan yang ngitung, itu sudah cukup satu kesatuan," kata Bambang saat menghadiri acara forum diskusi yang digelar di Bekasi, Sabtu (13/10/2018).

Dana sebesar Rp 5 triliun itu kata dia tentu diturunkan secara bertahap, sebab sumber dana untuk normalisasi berasal dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) melalui Kementerian PUPR.

"Sebenarnya kita ingin mengajukan secara utuh satu kesatuan, cuma pasti anggaran itu bertahap, kalau anggaran yang sedang berjalan baru anggaran yang Rp 9 miliar saja," jelas dia.

Dia menambahkan, untuk saat ini yang sedang berjalan, pihaknya baru menerima anggaran untuk melakukan perbaikan terbing DAS Kali Bekasi tepatnya di dekat SD Pekayon Jaya, Bekasi Selatan.

Komunitas Peduli Sungai Cileungsi-Cikeas Pasang CCTV untuk Pantauan Aliran Kali Bekasi

Kadis LH Sebut Kondisi Kali Bekasi Lebih Baik Pasca-Penyegelan 4 Industri Pencemar Limbah

Umpan Ayam Hidup yang Dipasang Guna Menangkap Buaya di Kali Ciliwung Dekat Mangga Dua Hilang

"Kita sedang mengerjakan perbaikan tebing di sekitar SD Pekayon, kurang lebih 90 meter sedang berjalan," jelas dia.

Selanjutnya kata dia, pihaknya juga telah mengusulkan anggaran melalui APBN Perubahan 2019 untuk perbaikan terbing di DAS Kali Bekasi yang melintasi perumahan Kemang Pertama Bekasi.

"Kemudian untuk usulan tambahan APBNP 2018 proses lelangnya sudah hampir selesai tapi kami masih menunggu dana, nah ini rencana untuk di Kemang Pratama, perbaikan tebing kurang lebih panjangnya 190 meter, mudah mudahan dalam waktu dekat minggu depan atau pertengahan bulan ini bisa keluar," jelas dia.

Penulis: Yusuf Bachtiar
Editor: Erik Sinaga
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved