Pileg 2019

Pembelaan Perindo Soal Kadernya Ketahuan Bagikan Sembako di Jakarta Utara

Calon anggota DPRD DKI dari Partai Perindo, David H Rahardja, yang membagikan minyak goreng ke masyakarat bukan pelanggaran kampanye.

Pembelaan Perindo Soal Kadernya Ketahuan Bagikan Sembako di Jakarta Utara
TRIBUNJAKARTA.COM/GERALD LEONARDO AGUSTINO
Ketua Divisi Hukum dan Penanganan Pelanggaran Bawaslu DKI Jakarta Puadi, saat ditemui TribunJakarta.com, Jumat (12/10/2018), di kantor Bawaslu DKI Jakarta. 

TRIBUNJAKARTA.COM, JAKARTA - Calon anggota DPRD DKI dari Partai Perindo, David H Rahardja, yang membagikan minyak goreng ke masyakarat bukan pelanggaran kampanye.

Pembelaan itu disampaikan Ketua DPW Perindo DKI Jakarta Sahrianta Tarigan saat dihubungi Kompas.com pada Sabtu (13/10/2018).

Menurut Sahrianta, apa yang dilakukan kadernya itu hanya merupakan kesalahan administrasi saja.

"Saya lagi ikuti prosesnya, kita lihat seperti apa nantinya. Menurut saya hanya kesalahan administrasi," ujar Sahrianta.

Ia mengatakan, yang dilakukan David adalah mengadakan bazar murah, bukan pembagian minyak goreng secara gratis.

Menurut Sahrianta, yang dilakukan David merupakan hal baik.

"Karena yang dilakukan adalah bazar murah, bukan pembagian gratis. Niatnya baik," ujar Sahrianta.

Badan Pengawas Pemilu Kota Jakarta Utara sebelumnya menemukan dugaan praktik politik transaksional yang dilakulan David H Rahardja.

Ketua Koordinator Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) Bawaslu Jakarta Utara, Benny Sabdo mengatakan, David kedapatan membagikan minyak goreng di kawasan Pegangsaan Dua dan Sukapura, pada 23 September 2018.

Menurut Benny, pembagian sembako seperti minyak goreng merupakan hal yang dilarang dalam UU Nomor 7 Tahun 2017.

Selain itu, David juga memberikan stiker kepada warga yang menerima minyak goreng tersebut.

Benny mengatakan, pihaknya telah melakukan penyelidikan sejak tanggal 25 September 2018 dan Jumat siang kemarin berkas penyelidikannya telah dilimpahkan ke Polres Metro Jakarta Utara untuk diproses lebih lanjut.

David dianggap telah melakukan pelanggaran pidana sebagaimana tercantum dalam Pasal 523 Ayat (1) juncto Pasal 280 Ayat (1) huruf (j) UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum.

"Kami limpahkan ke penyidik untuk ditingkatkan statusnya, karena ini menurut kami melanggar karena itu kan membagikan materi lainnya termasuk sembako," kata Benny.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul: Perindo Sebut Bagi-bagi Minyak Goreng oleh Calegnya Bukan Pelanggaran

Editor: Y Gustaman
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help