Politikus Golkar Avner Raweyai Berniat Rangkul Anak Muda Lestarikan Budaya Betawi

Politisi Partai Golkar Avner Raweyai membuka sebuah Rumah Inspirasi di Jalan Sili III, Pejagalan, Penjaringan, Jakarta Utara

Politikus Golkar Avner Raweyai Berniat Rangkul Anak Muda Lestarikan Budaya Betawi
TribunJakarta/Gerald L A
Politisi Partai Golkar Avner Raweyai saat melihat pertunjukkan palang pintu, Sabtu (13/10/2018) di Pejagalan, Penjaringan, Jakarta Utara. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Gerald Leonardo Agustino

TRIBUNJAKARTA.COM, PENJARINGAN - Politisi Partai Golkar Avner Raweyai membuka sebuah Rumah Inspirasi di Jalan Sili III, Pejagalan, Penjaringan, Jakarta Utara, pada Sabtu (13/10/2018).

Rumah Inspirasi ini dibuka bagi masyarakat yang ingin menyampaikan aspirasinya, tak terkecuali soal pelestarian kebudayaan Betawi.

Dalam pembukaan tadi, pertunjukkan budaya Betawi berupa palang pintu dihadirkan. Dua ahli silat beradu jurus serta kelihaian mereka dalam pembukaan Rumah Inspirasi tadi.

Avner mengatakan, dengan mengundang pegiat palang pintu atau pencak silat, dirinya sangat ingin melestarikan budaya Betawi yang menurutnya adalah sebuah kunci dalam membangun Jakarta.

"Jadi dengan energi kawan-kawan masyarakat Betawi ini kita bisa membangun Jakarta. Saya sangat mengapresiasi teman-teman Keluarga Betawi membantu dan bekerja keras," ucapnya, Sabtu (13/10/2018). 

Menurut Avner, pencak silat sebagai salah satu representasi budaya Betawi dewasa ini sudah mulai dilupakan. Padahal, pencak silat sejatinya mesti dipertahankan agar selalu hidup dan diingat di masa depan.

4 Rekomendasi Komunitas Peduli Sungai Cileungsi dan Cikeas Akan Dikirim ke Presiden

Gempa dan Tsunami di Palu, Pengrajin Terpal di Penjaringan Dapat Pesanan 1.000 Kantong Jenazah

"Saya dapat masukan karena katanya dari keluarga Betawi Peci Merah di sini kan pernah dapat rekor MURI tapi tidak diperhatikan," kata Avner.

Karenanya, Avner ingin mengembangkan pencak silat melalui keterlibatan anak-anak muda.

Dengan merangkul anak muda, lanjut Avner, pencak silat bukan tidak mungkin dapat berkembang lebih baik.

"Nah di sini saya coba masuk lagi, apa nih yang bisa kita kembangkan dari sisi pencak silatnya, budayanya kita kembangkan lagi. Tapi yang pertama kita lihat dari anak-anak mudanya yang kreatif dan yang berprestasi, itu yang tidak diperhatikan akan kita rangkul lagi dan kita akan coba kembangkan mereka dari situ," ucap Avner.

Penulis: Gerald Leonardo Agustino
Editor: Erik Sinaga
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved