Kekurangan Terbesar iPhone XS dan XS Max Baterainya Boros?

Melalui video tersebut, terlihat jelas kelemahan besar yang ada di baterai XS, terutama XS Max yang memiliki kemampuan lebih besar.

Kekurangan Terbesar iPhone XS dan XS Max Baterainya Boros?
Istimewa
iphone XS Max (kiri) dan iPhone XS. 

Laporan Wartawan NexTren, David Novan Buana

TRIBUNJAKARTA.COM - Beragam masalah menghantui kehadiran smartphone terbaru Apple, iPhone XS dan XS Max, dan salah satunya yang tak terpecahkan adalah baterai yang boros.

Untungnya, masalah selain baterai sudah diselesaikan oleh Apple, meskipun masih ada beberapa masalah lain yang tetap mengganggu penggunanya.

Untuk membuktikan borosnya baterai iPhone XS dan XS Max, channel YouTube PhoneBuff memperlihatkannya melalui video tes perbandingan antara smartphone dari Apple tersebut melawan Samsung Galaxy Note 9 sebagai pesaing terdekatnya.

Melalui video tersebut, terlihat jelas kelemahan besar yang ada di baterai XS, terutama XS Max yang memiliki kemampuan lebih besar.

Bahkan ketahanan baterainya tidak dapat mendekati Samsung, dengan sisa baterai masih di posisi 37% sementara iPhone telah habis.

Meskipun Samsung memiliki baterai yang lebih besar, yaitu sekitar 20% (4000 mAh melawan 3174 mAh), Note 9 memiliki resolusi layar yang lebih tinggi, dan sudah bukan rahasia bahwa semakin besar resolusi maka semakin boros baterainya.

Kemudian fakta lain yang menjadi perhitungan adalah SoC Snapdragon 845 yang digunakan Samsung memiliki efisiensi lebih rendah dibandingkan A12 di iPhone XS.

Artinya, seharusnya baterai di Note 9 lebih boros dibandingkan XS, karena beberapa komponen yang menguras daya listrik.

Bila komponen atau hardware bukan dalangnya, disimpulkan bahwa software adalah penyebab borosnya baterai di iPhone XS dan XS Max.

 Walaupun iOS 12 diklaim oleh Apple sebagai sistem operasi terkencang dan paling efisien, ternyata ada rahasia merugikan yang terbukti di sini.

Untuk meningkatkan akurasi tesnya, PhoneBuff bahkan sampai mengatur suhu ruangan, kalibrasi brightness layar dan volume speaker di keduanya juga dibuat identik.

Tidak hanya itu, semua pengetesan dilakukan dengan bantuan robot, artinya semua yang dilakukan tidak ada margin error seperti yang kerap terjadi pada manusia.

Menariknya, Samsung Galaxy Note 9 bahkan bukan termasuk ke dalam smartphone Android yang hemat baterai, dan masih lebih unggul dibandingkan iPhone XS dan XS Max.

Jadi bila kamu ingin mengganti iPhone lamamu ke generasi baru, disarankan untuk menggunakan iPhone XR yang lebih menarik untuk digunakan dan juga punya baterai lebih lama.(*)

Editor: Rr Dewi Kartika H
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved