Lion Air JT610 Jatuh

Keluarga Jaksa Dodi, Korban Pesawat Lion Air, Rekaman Minta Black Box Dibuka Secara Transparan

"Ya kalaupun memang itu kejadiannya bukan kesalahan manajemen, enggak masalah, yang penting transparansi buat penumpang," katanya.

Keluarga Jaksa Dodi, Korban Pesawat Lion Air, Rekaman Minta Black Box Dibuka Secara Transparan
TRIBUNNEWS.COM/IRWAN RISMAWAN
Kepala Basarnas Marsekal Madya TNI Muhammad Syaugi memegang black box yang ditemukan di lokasi berjarak 400 meter dari lokasi terakhir hilangnya pesawat Lion Air PK-LQP dengan kedalaman 30 meter. Black box ditemukan pertama kali oleh penyelam TNI AL, Sertu Hendra, Kamis (1/11/2018). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Jaisy Rahman Tohir

TRIBUNJAKARTA.COM, CIPUTAT - Black Box menjadi harapan besar bagi masyarakat Indonesia untuk mengetahui penyebab jatuhnya pesawat Lion Air PK-LQP di perairan Karawang, Jawa Barat, Senin (29/10/2018) lalu.

Tak hanya keluarga korban, masyarakat Indonesia pun berhak mengetahui hal nasib jasa penerbangan di negaranya, menyusul sudah meluasnya berita tentang insiden pesawat yang sudah terjadi untuk ke sekian kalinya itu.

Satu dari dua black box pesawat tipe Boing 737 Max8 itu sudah ditemukan tim evakuasi yang dipimpin Badan SAR Nasional (Basarnas) kemarin, Kamis (2/11/2018).

Mantan Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi (Wakajati) Kalimantan Timur, Muhamad Sidik, yang merupakan ayah dari Kasie Pidsus Kejari Pangkal Pinang, Dodi Junaedi, satu di antara 189 korban pesawat jatuh itu, meminta agar imformasi dalam black box bisa diungkap secara transparan kepada publik.

Dirinya tidak memikirkan pihak mana yang bersalah atas kecelakaan tersebut, namun baginya informasi yang transparan disampaikan ke publik, penting bagi jasa penerbangan di Indonesia ke depannya.

"Ya kalaupun memang itu kejadiannya bukan kesalahan manajemen, enggak masalah, yang penting transparansi buat penumpang, buat pengguna jasa penerbangan," ujar Sidik.

Terlebih sebelum pihak Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) membeberkan secara resmi penyebab jatuhnya pesawat, wacana spekulasi tentang penyebab insiden tersebut yang menyoal sejumlah faktor, sudah ramai menyebar.

Harga Gadget Diobral di Indocomtech 2018, Tiket Mulai Rp 20 Ribu

Ditemukan di Kedalaman 32,5 Meter, Berikut Penampakan Potongan Badan Lion Air PK-LQP

"Iya kita mau tau itu kenapa, apa lagi kita lihat berita itu pesawat baru, apa lagi ada beredar yang pesawat ada trouble sebelumnya, segala macam. Namun untuk kejelasannya kita ketahui dari black box itu yang pastinya. Mungkin keterangan dari situ bisa 100% bisa kita percaya," katanya.

Penulis: Jaisy Rahman Tohir
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved