Lion Air JT610 Jatuh

Basarnas Akan 'Full Team' Dalam Operasi SAR Lion Air PK-LQP Hari ke-11, Ini Kekuatannya

Operasi SAR kecelakaan pesawat Lion Air PK-LQP yang jatuh di perairan Tanjung Karawang, diperpanjang tiga hari, 8-10 November 2018.

Basarnas Akan 'Full Team' Dalam Operasi SAR Lion Air PK-LQP Hari ke-11, Ini Kekuatannya
TribunJakarta/Gerald Leonardo Agustino
Kabag Humas Basarnas Suhri Sinaga (ketiga dari kiri) dalam konpers di Dermaga JICT II, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu (7/11/2018) 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Gerald Leonardo Agustino

TRIBUNJAKARTA.COM, TANJUNG PRIOK - Operasi SAR kecelakaan pesawat Lion Air PK-LQP yang jatuh di perairan Tanjung Karawang, diperpanjang tiga hari, 8-10 November 2018.

Mulai besok, hanya tim dari Basarnas saja yang fokus dalam operasi SAR di lokasi jatuhnya pesawat yang mengangkut 198 orang tersebut.

Kabag Humas Basarnas, Suhri Sinaga mengatakan 220 personel Basarnas yang terlibat selama 10 hari operasi SAR hari ini akan dikerahkan sepenuhnya.

Tugas mereka akan terbagi dua, di daratan maupun di lautan. Untuk di daratan, tim Basarnas akan dikerahkan di posko Dermaga JICT II, Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Sementara untuk di lautan, personel Basarnas akan melakukan operasi SAR dari atas permukaan laut maupun di bawah laut, dengan melibatkan 60 penyelam.

"Besok Basarnas akan full team. Empat kapal dan empat unit RIB. 60 orang penyelam akan diterjunkan ke lokasi," kata Suhri dalam konpers di Dermaga JICT malam ini.

Adapun sarana SAR laut yang dikerahkan Basarnas dalam operasi SAR besok meliputi KN Sadewa, KN SAR Basudewa, KN Drupada, dan KN 206 Bandung. Ada juga rigid inflatable boat (RIB) yang akan dikerahkan Basarnas besok, di antaranya RIB 01 Jakarta, RIB 02 Jakarta, RIB 03 Jakarta, RIB 03 Lampung.

Pada siang ini, Kabasarnas Marsekal Madya TNI Muhammad Syaugi memastikan operasi SAR kembali dilanjutkan selama tiga hari mulai besok.

Masa Penambahan Operasi SAR Lion Air PK-LQP Hanya Libatkan Basarnas, TNI AL Tetap Siaga

Penemuan Korban Menurun Alasan Operasi SAR Lion Air PK-LQP Diperpanjang Hanya Libatkan Basarnas

Melalui Sidang Rekonsiliasi yang Alot, RS Polri Berhasil Identifikasi 7 Orang Penumpang Lion Air

Sebelumnya, operasi SAR telah dijalankan selama sepekan, sejak Senin (29/10/2018) hingga Minggu (4/11/2018). Operasi SAR dilanjutkan kembali mulai Senin (5/11/2018) hingga Rabu (7/11/2018) ini.

Terhitung operasi SAR telah berlangsung selama 10 hari sampai hari ini. Selama 10 hari operasi SAR, tim SAR gabungan telah mengangkut 187 kantong jenazah berisi body part (bagian tubuh korban), dua pasang roda pesawat, dua mesin turbin, dan bagian pesawat lainnya.

Jumlah penemuan bagian tubuh korban dari lokasi jatuhnya Lion Air PK-LQP di perairan Tanjung Karawang, Jawa Barat, mulai menurun. Oleh sebabnya, personel yang dikerahkan dalam operasi SAR tambahan selama tiga hari ke depan hanya dari Basarnas saja.

Penulis: Gerald Leonardo Agustino
Editor: Erik Sinaga
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved