Fenomena Remaja Mabuk Air Rebusan Pembalut: Pengganti Narkoba, Merebak di Jateng dan Sekitar Jakarta

Badan Narkotika Nasional (BNN) memberikan perhatian khusus pada fenomena remaja tanggung yang menggunakan air rebusan pembalut.

Fenomena Remaja Mabuk Air Rebusan Pembalut: Pengganti Narkoba, Merebak di Jateng dan Sekitar Jakarta
en.reporterlive.com
Pembalut 

TRIBUNJAKARTA.COM - Badan Narkotika Nasional (BNN) memberikan perhatian khusus pada fenomena remaja tanggung yang menggunakan air rebusan pembalut.

BNN menyoroti fenomena ini lantaran diduga ada bahan psikoaktif yang terkandung di dalam pembalut tersebut.

"Masih terus kami dalami, menurut mereka (pamakai) pembalut wanita mengandung bahan-bahan psikoaktif," kata Deputi Pemberantasan Badan Narkotika Nasional (BNN) Irjen Arman Depari.

Arman mengungkapkan kasus serupa juga ditemui di sekitar Jakarta, seperti di Bekasi dan Karawang.

"Kami memang menerima informasi itu tidak hanya di Jawa Tengah. Tapi di Jawa Barat dan sekitar Jakarta juga kami temukan," ucap Arman kepada awak media, Kamis (8/11/2018).

Kepala BNN Komjen Pol Heru Winarko (kanan) bersama Deputi Pemberantasan BNN Irjen Arman Depari memperlihatkan barang bukti dari para tersangka, Jumat (28/9/2018).
Kepala BNN Komjen Pol Heru Winarko (kanan) bersama Deputi Pemberantasan BNN Irjen Arman Depari memperlihatkan barang bukti dari para tersangka, Jumat (28/9/2018). (TribunJakarta.com/Dionisius Arya Bima Suci)

Ia menerangkan, biasanya kain pembalut tersebut direbus terlebih dahulu. Kemudian, air rebusannya diminum dan dipercaya memiliki khasiat seperti narkoba.

"Ada anak-anak muda kita yang menggunakan kain pembalut wanita yang direbus, kemudian airnya diminum untuk bahan pengganti narkoba," ujar dia.

Arman mengaku belum mengetahui bahan psikoaktif apa yang terkandung di dalam pembalut, sehingga diperlukan pengujian melalui tes laboratorium untuk mengetahuinya.

"Jenisnya belum diketahui, masih diperlukan pendalaman dan pemeriksaan laboratorium," ucap dia.

Bila terbukti memgandung zat psikoaktif, Arman menegaskan, tak akan segan melakukan tindakan sesuai aturan hukum.

Halaman
1234
Penulis: Ferdinand Waskita
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved