Gejalanya Mirip Serangan Jantung, Patah Hati Ternyata Bisa Menjadi Komplikasi yang Mematikan

Patah hati kerap diidentikan dengan rasa sakit atau sedih yang mendalam akibat rasa kehilangan atau perpisahan akan sesuatu yang berharga.

Gejalanya Mirip Serangan Jantung, Patah Hati Ternyata Bisa Menjadi Komplikasi yang Mematikan
nelive.in
Ilustrasi patah hati 

TRIBUNJAKARTA.COM - Kamu tentu sudah sering mendengar istilah patah hati. 

Patah hati kerap diidentikan dengan rasa sakit atau sedih yang mendalam akibat rasa kehilangan atau perpisahan akan sesuatu yang berharga. 

Meskipun seringkali istilah patah hati hanya menjadi kiasan atau lelucon belaka, tetapi siapa sangka bila faktanya istilah ini bisa menimbulkan komplikasi yang mematikan.

Sindrom patah hati atau dalam ilmiahnya sindrom takotsubo adalah kondisi di mana ventrikel jantung kiri membesar dan melemah sehingga jantung tidak dapat memompa darah dengan normal.

Kondisi ini sering dipicu oleh tekanan emosional, misalnya seperti perpisahan dengan pasangan atau kematian seseorang yang dicintai.

Meski begitu, ada pula yang dipicu oleh kondisi fisik. Misalnya serangan asma.

Pada umumnya patah hati dapat pulih dengan sendirinya, tetapi pada beberapa orang lainnya hal ini membutuhkan perhatian medis secepat mungkin.

Terlebih lagi, sebuah studi yang dilakukan Rumah Sakit Universitas Zurich di Swiss menyatakan, bahwa angka risiko kematian bagi pasien sindrom patah hati dengan komplikasi syok kardiogenik terhitung tinggi meski setelah bertahun-tahun dinyatakan sembuh.

Hampir 24% pasien di rumah sakit dengan komplikasi syok kardiogenik meninggal dunia, dibandingkan dengan hanya 2% pasien sindrom patah hati tanpa syok kardiogenik.

Bahkan, lima tahun pasca dinyatakan sembuh, tingkat kematian pasien dengan sindrom patah hati dengan syok kardiogenetik sekitar 40 persen, dibandingkan dengan 10 persen untuk pasien yang tidak mengalami syok kardiogenik.

Halaman
12
Editor: Erlina Fury Santika
Sumber: Nakita
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved