Kerusakan Situ Pedongkelan, Dari Tertutupnya Mata Air Hingga Susutnya Luas Situ

Budi menuturkan mata air itu satu-persatu menghilang hingga sekira tahun 2002 semua mata air tak lagi tampak seiring menumpuknya lumpur dan sampah.

Kerusakan Situ Pedongkelan, Dari Tertutupnya Mata Air Hingga Susutnya Luas Situ
TRIBUNJAKARTA.COM/BIMA PUTRA
Kondisi Situ Pedongkelan di Cimanggis, Depok, Kamis (8/11/2018). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, CIMANGGIS - Budi (50), warga Kecamatan Cimanggis yang kerap memancing di Situ Pedongkelan sejak tahun 1970 mengatakan ada sekitar lima mata air di Situ Pedongkelan yang kini sudah tertutup akibat sedimentasi, lumpur, dan sampah.

Menurutnya, dulu mata air yang terletak di bagian tengah Situ Pedongkelan tampak jelas di permukaan dan saat air masih jernih, tak berwarna hijau keruh seperti sekarang.

"Ada sekitar lima mata air di Situ Pedongkelan, yang paling banyak itu di bagian tengah. Kelihatan jelas gelembung di permukaan air. Dulu mah airnya bersih, saya sering mandi di sini," kata Budi di Cimanggis, Depok, Kamis (8/11/2018).

Budi menuturkan mata air itu satu-persatu menghilang hingga sekira tahun 2002 semua mata air tak lagi tampak seiring menumpuknya lumpur dan sampah.

Hal itu terus terjadi hingga akhirnya pendangkalan bagian selatan Situ Pedongkelan berubah seperti daratan yang ditumbuhi rumput dan mampu dipijaki.

Terkait bantuan Gubernur Provinsi DKI Jakarta sebesar Rp 6 dari Rp 15 miliar yang digunakan untuk menormalisasi enam Situ di Depok, Budi sempat melontarkan sarkastik kepada Pemkot Depok.

"Mulai enggak kelihatan gelembung dari mata air itu sekitar tahun 2002. Ini mendingan karena lagi dikeruk, sebelumnya orang pada ngarit rumput, kambing juga cari makan. Jadi seperti di daratan saja. Tadinya kalau enggak dikeruk saya pingin kavling di atas Situ," sindirnya kepada Pemkot Depok.

Pernyataan Budi soal mata air di Situ Pedongkelan yang tertutup dibenarkan Sukmin (42), yang rutin memancing di Situ Pedongkelan sejak tahun 1982.

Selain tertutupnya mata air, dia menuturkan bahwa luas Situ Pedongkelan kini telah menyusut, hingga menurut catatan Badan Pusat Stastik Depok tahun 2015 seluas 6.25 hektar.

Halaman
12
Penulis: Bima Putra
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved