Pekan Depan, Bayi Rayyan Jalani Operasi Pembuatan Anus Tahap Dua

Warga Kecamatan Beji ini berharap Rayyan sehat sampai hari operasi dan operasi kedua nanti dapat berjalan lancar sehingga anaknya lekas memiliki anus.

Pekan Depan, Bayi Rayyan Jalani Operasi Pembuatan Anus Tahap Dua
TribunJakarta.com/Bima Putra
Oklavia Supriatin (39) menimang anaknya, Rayyan Haryo Ardianto, di kediamannya, Beji, Depok, Selasa (28/8/2018). TRIBUNJAKARTA.COM/BIMA PUTRA 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, DEPOK - Rayyan Haryo Ardianto yang lahir tanpa anus dijadwalkan menjalani operasi pembuatan lubang anus di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto pada Selasa (13/11/2018).

Operasi itu merupakan operasi kedua setelah operasi pertama pembuatan lubang saluran pembuangan sementara di bagian perut anak keempat dari Oklavia Supriatin (39) dan Haryanto (44).

"Operasi kedua Insya Allah tanggal 13 November nanti. Ini operasi pembuatan lubang anus, kalau yang pertama itu pembuatan saluran pembuangan sementara di bagian perut," kata Oklavia saat dihubungi di Beji, Depok, Kamis (8/11/2018).

Dari penjelasan dokter RSPAD Gatot Soebroto yang menangani Rayyan, Oklavia menuturkan operasi diperkirakan berlangsung selama dua hingga tiga jam.

Guna kelancaran operasi, sejak Sabtu (10/11/2018) Rayyan yang nyawanya nyaris terancam akibat dugaan kelalaian pihak RS Grha Permata Ibu (GPI) Depok sudah menginap di RSPAD Gatot Soebroto.

"Operasinya sekitar dua sampai tiga jam. Nanti dari hari Sabtunya Rayyan sudah menginap di RSPAD Gatot Soebroto. Jumat minggu ini ayahnya mau ke RSPAD untuk ambil persetujuan dari BPJS dan bawa perlengkapan," ujarnya.

Masih dari penjelasan dokter RSPAD Gatot Soebroto, Oklavia menyebut paling cepat butuh waktu satu bulan setelah operasi hingga anus dapat digunakan.

Warga Kecamatan Beji ini berharap Rayyan sehat sampai hari operasi dan operasi kedua nanti dapat berjalan lancar sehingga anaknya lekas memiliki anus.

"Setelah operasi nanti belum bisa langsung digunakan, paling cepat satu bulan setelah operasi setelah digunakan. Mohon doanya Rayyan sehat sampai hari H-nya lancar, enggak ada halangan," tuturnya.

Halaman
123
Penulis: Bima Putra
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved