Pemerintah Siapkan Rumah DP 0 Persen untuk ASN, Begini Komentar Anies Baswedan

Pemerintah Republik Indonesia dibawah pimpinan Presiden Joko Widodo, berencana akan menyediakan rumah layak huni bagi Aparatur Sipil Negara (ASN)

Pemerintah Siapkan Rumah DP 0 Persen untuk ASN, Begini Komentar Anies Baswedan
TRIBUNJAKARTA.COM/PEBBY ADE LIANA
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Minggu (4/11/2018). 

Laporan wartawan TribunJakarta.com, Pebby Adhe Liana

TRIBUNJAKARTA.COM, GAMBIR - Pemerintah Republik Indonesia dibawah pimpinan Presiden Joko Widodo, berencana akan menyediakan rumah layak huni bagi Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI, dan Polri, lewat skema pembiayaan down payment (DP) 0 persen bagi yang belum memiliki rumah.

Kendati demikian, Gubernur Anies Baswedan mengaku bersyukur.

"Alhamdulillah, artinya itu membuktikan bahwa itu pendekatan yang memang bisa dilakukan. Dulu kan banyak kritik bahwa ini tidak mungkin ada (rumah) DP Rp.0, nah ini nyatanya mungkin," kata Anies di kawasan Pecenongan Jakarta Pusat, Jumat (9/11/2018).

Sebagai penggagas program tersebut bersama Sandiaga Uno, Anies mengapresiasi langkah pemerintah tersebut.

Lewat skema pembiayaan down payment, Anies menilai banyak masyarakat yang nantinya bisa merasakan manfaat dari program tersebut.

Hal itu bukan tanpa alasan. Pasalnya, menurut Anies salah satu kendala masyarakat dalam memiliki rumah hunian yang layak lantaran tak memiliki DP yang cukup.

Serang Mapolsek Penjaringan Ucapkan Takbir, Polisi Pastikan Rohandi Tak Terkait Kelompok Tertentu

Hotman Paris Tanyakan Godaan dari Sugar Daddy, Luna Maya Ungkap Pengalamannya Dirayu Penjabat

Sehingga hal itu menjadi pemberat bagi masyarakat di Indonesia untuk memiliki rumah sendiri.

"Jadi saya apresiasi sekali bahwa perumahan menjadi perhatian. Dan salah satu pemberat orang untuk memiliki rumah, adalah membayar DP. Karena selama mereka bekerja belum tentu sanggup untuk menabung untuk bisa punya DP, jadi pembebasan DP itu merupakan terobosan yang bisa bermanfaat bagi semua," kata Anies.

"Saya bersyukur, mudah-mudahan ini benar-benar bisa bermanfaat untuk semua," tambahnya.

Berdasarkan informasi, saat ini pemerintah diketahui sedang menginventarisasi lahan kosong aset seluruh lembaga/kementerian yang ada di beberapa wilayah.
Dimana, setelah itu pemerintah akan bekerja sama dengan lembaga keuangan swasta untuk membangun rumah di lahan tersebut.

Rumah yang dimaksud tergantung letaknya. Apabila di Jakarta dan sekitarnya, rumah berbentuk rumah susun. Namun apabila berada di luar Jakarta dan sekitarnya, kemungkinan besar adalah rumah tapak.


Penulis: Pebby Ade Liana
Editor: Mohamad Afkar Sarvika
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved