Menteri Agama Minta Guru Madrasah Tak Pahami Agama Hanya Kulit Luarnya

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin berceramah penguatan pendidikan karakter bagi guru dan tenaga pendidik madrasah se-Indonesia di Bekasi.

Menteri Agama Minta Guru Madrasah Tak Pahami Agama Hanya Kulit Luarnya
TribunJakarta.com/Yusuf Bachtiar
Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin saat memberikan ceramah kepada guru dan tenaga pendidik madrasah di Hotel Amarossa, Bekasi, Sabtu (10/11/2018). 

Menteri Agama Berikan Ceramah Tentang Penguatan Pendidikan Karakter Bagi Guru Madrasah se-Indonesia di Bekasi

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Yusuf Bachtiar

TRIBUNJAKARTA.COM, BEKASI - Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin berceramah penguatan pendidikan karakter bagi guru dan tenaga pendidik madrasah se-Indonesia di Bekasi, Sabtu, (10/11/2018).

Ceramah ini untuk memberikan pemahaman kepada seluruh insan pendidik madrasah terkait pentingnya pendidikan deradikalisasi, wawasan kebangsaan dan moderasi Islam.

"Sehingga guru-guru kita semakin memiliki kemampuan dalam mentransformasikan pengetahuan keilmuan kepada anak didik sekaligus juga membentuk karakter-karakter mereka agar nilai-nilai agama itu betul-betul bisa disampaikan, disebarluaskan kepada para peserta didik tidak hanya bentuk formal dalam pengertian syariatnya semata tapi juga kepada esensi dari ajaran agama," kata Lukman.

Dengan pemahaman tersebut, peserta didik khususnya madrasah dapat terhindar dari perbuatan kekerasan yang mengatasnamakan agama.

Agama, kata Lukman, sejatinya memiliki tujuan untuk memanusiakan manusia, menjaga harkat dan martabat kemanusiaaan.

"Bukan agama yang hanya dipahami secara kulit luarnya saja sehingga lalu kemudian kita mudah sekali melakukan hal-hal yang tidak semestinya merendahkan derajat eksistensi kemanusiaan," jelas dia.

Penulis: Yusuf Bachtiar
Editor: Y Gustaman
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved