Pemkot Depok Berencana Ambil Alih Pengelolaan Situ dari BBWSCC

Pemerintah Kota Depok berencana mengambil alih pengelolaan seluruh situ di Depok dari Balai Besar Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSCC).

Pemkot Depok Berencana Ambil Alih Pengelolaan Situ dari BBWSCC
TRIBUNJAKARTA.COM/BIMA PUTRA
Warga mengangkut sampah enceng gondok dari Situ Rawa Kalong, Cimanggis, Depok, Kamis (1/11/2018). TRIBUNJAKARTA.COM/BIMA PUTRA 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, CILODONG - Pemerintah Kota Depok berencana mengambil alih pengelolaan seluruh situ di Depok dari Balai Besar Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSCC).

Meski Pemkot Depok dapat mengelola situ atas seizin BBWSCC, Wakil Wali Kota Depok Pradi Supriatna menyatakan pihaknya tetap berencana mengambil alih kewenangan Situ.

"Saya sangat berharap ini justru diserahkan ke kita, kita yang mengelola, intervensinya di kita, ini harapan kami," kata Pradi saat ditemui wartawan di Cilodong, Depok, Sabtu (10/11/2018).

Saat disinggung soal pencemaran Situ Rawa Kalong diduga akibat limbah dari empat pabrik yang berada di sekitar situ, Pradi tak menyebut secara gamblang apakah Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Depok pernah mengambil sampel air dari sana.

Dia hanya mengakui Pemkot Depok memiliki kewenangan untuk menutup pabrik yang terbukti mencemari Situ Rawa Kalong.

"Kalau untuk menutup memungkinkan bisa dilakukan. Kalau benar demikian (Mencemari Situ Rawa Kalong)," ujarnya.

Terpisah, Kepala Bidang Sumber Daya Air Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Depok Citra Indah Yulianti menyatakan telah membuat surat untuk meminta pengelolaan peralihan Situ.

Citra menuturkan surat permintaan agar pengelolaan Situ yang kini berada di BBWSCC sepenuhnya beralih ke Pemkot Depok dan telah disetujui Wali Kota Depok M. Idris Abdul Shomad.

"Kita sudah buat surat minta kewenangan Situ beralih ke Pemda Depok oleh Pak Wali Kota," tutur Citra.

Penulis: Bima Putra
Editor: Y Gustaman
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved