Salahgunakan Pembalut sebagai Ganti Narkoba, Begini Temuan Psikolog

Badan Narkotika Nasional (BNN) melibatkan psikolog untuk menyelidiki fenomena penyalahgunaan pembalut wanita sebagai pengganti narkoba.

Salahgunakan Pembalut sebagai Ganti Narkoba, Begini Temuan Psikolog
en.reporterlive.com
Pembalut 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Dionisius Arya Bima Suci

TRIBUNJAKARTA.COM, KRAMAT JATI - Badan Narkotika Nasional (BNN) melibatkan psikolog untuk menyelidiki fenomena penyalahgunaan pembalut wanita sebagai pengganti narkoba.

Menurut Kabag Humas BNN Kombes Sulisandriatmoko, langkah ini diambil untuk menguatkan temuannya.

"Kami temukan penyalahgunaan pembalut pertama di Jawa Tengah, penggunanya anak punk. Mereka mengaku sebelum menggunakan benda tadi, mereka memggunakan zat adiktif lainnya," ucap dia saat dikonfirmasi awak media, Sabtu (10/11/2018).

"Contohnya seperti lem dan obat golongan G," tambahnya.

Dari pengakuan anak punk tersebut, efek yang timbul setelah konsumsi air rebusan pembalut sama seperti menggunakan lem dan obat golongan G.

"Kesimpulan awal karena sugesti, asosiasi dari sugesti menghadirkan halusinasi karena pembalut dekat dengan organ vital wanita, itu yang sedang kami dalami," ujarnya.

Tak hanya itu, mayoritas anak punk yang dikatahui mengkonsumsi air rebusan pembalut juga pernah menggunakan narkoba, seperti ganja.

"Dari pemeriksaan psikiater lebih ke efek sugesti, dokter juga bilang lebih dipengaruhi oleh kehadiran sugesti tadi," kata Sulis.

Selain itu, berdasarkan hasil uji laboratorium, pihak BNN tidak menemukan adanya kandungan zat aditif di dalam pembalut wanita.

Dari hasil pemeriksaan, pembalut wanita hanya menganduk klorin yang berfungsi sebagai disinfektan agar permukaannya bersih dan higienis.

Penulis: Dionisius Arya Bima Suci
Editor: Y Gustaman
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved