Warga Villa Bintaro Indah Harap Pemkot Tangel Segera Cabut Izin Lingkungan dan IMB RS IMC

Warga Villa Bintaro Indah, Ciputat, Tangerang Selatan (Tangsel) menggugat izin lingkungan

Warga Villa Bintaro Indah Harap Pemkot Tangel Segera Cabut Izin Lingkungan dan IMB RS IMC
TribunJakarta.com/Jaisy Rahman Thohir
Warga Villa Bintaro Indah, Ciputat, Tangerang Selatan (Tangsel), Sabtu (10/11/2018). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Jaisy Rahman Tohir

TRIBUNJAKARTA.COM, CIPUTAT - Warga Villa Bintaro Indah, Ciputat, Tangerang Selatan (Tangsel) menggugat izin lingkungan dan izin mendirikan bangunan (IMB) gedung baru Rumah Sakit (RS) Ichsan Medical Center (IMC).

Gugatan itu sudah dilancarkan sejak awal pembangunan pada tahun 2016 silam. Gugatan dilayangkan karena proses pembangunan RS yang berada di Jalan Jombang Raya, Jombang, Ciputat, Tangsel itu, dianggap mengganggu aktivitas warga.

Koordinator penggugat, Walneg S Jas, mengatakan, kedua izin yang diberikan pemerintah kota (Pemkot) Tangsel dinilai warga tidak layak, karena jarak bangunan hanya empat meter dari rumah warga.

Belum lagi dampak polusi udara, suara, akibat pengerjaan siang malam bangunan baru itu, yang menggunakan alat berat.

Sejak dua tahun lalu warga telah melakukan gugatan di Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Serang dan Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara (PTTUN) Jakarta. Namuan Walneg mengatakan, karena alasan teknis, warga kalah.

Kemeriahan Peringatan Hari Pahlawan di Lapas Klas IIA Jakarta

Tiga Paskibraka Ini Utarakan Sosok Pahlawan pada Zaman Sekarang

"Dan alhamdulillah akhirnya kebenaran itu hadir dengan adanya keputusan MA Nomor 448K K/TUN/LH/2018, dimana gugatan warga dengan nomor registrasi perkara 22/G/LH/2017/PTUN-SRG yang ditolak pada pengadilan tingkat 1 dan banding, akhirnya terima dan dikabulkan secara seluruhnya oleh pengadilan tingkat Kasasi MA," ujar Walneg di Balai Warga Villa Bintaro Indah, Jombang, Ciputat, Tangsel, Sabtu (10/11/2018).

Selasa (6/11/2018) lalu, warga menerima amar putusan dari MA yang berbunyi membatalkan izin lingkungan dan IMB yang dikeluarkan Pemkot Tangsel itu.

"Selanjutnya warga mengingatkan Walikota dengan jajarannya agar mentaati keputusan ini dan segera melaksanakan perintah MA untuk mencabut dua SK yang terlanjur dikeluarkan," ujarnya.

Penulis: Jaisy Rahman Tohir
Editor: Mohamad Afkar Sarvika
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved