Anies Baswedan Ingatkan Warga Tidak Buang Sampah di Sungai Ciliwung

Anies Baswedan mengingatkan kepada warganya, agar tidak lagi membuang sampah di kawasan Sungai Ciliwung, demi ekosistem sungai yang semakin bersih.

Anies Baswedan Ingatkan Warga Tidak Buang Sampah di Sungai Ciliwung
TribunJakarta/Nawir Arsyad Akbar
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menghadiri Hari Ciliwung ke-7, di Taman Komunitas Ciliwung Condet, Jakarta Timur, Minggu (11/11/2018) 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Nawir Arsyad Akbar

TRIBUNJAKARTA.COM, KRAMATJATI - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengingatkan kepada warganya, agar tidak lagi membuang sampah di kawasan Sungai Ciliwung, demi ekosistem sungai yang semakin bersih.

"Salah satu tantangan bagi kita di Jakarta ini adalah menjaga agar bukan hanya warga Jakarta tidak buang sampah. Tapi jangan sampai sampah-sampah di luar juga terbawa masuk ke air di hilir dari hulu," ujar Anies Baswedan, saat menghadiri Hari Ciliwung ke-7, yang diselenggarakan di Taman Komunitas Ciliwung Condet, Kramatjati, Jakarta Timur, Minggu (11/11/2018).

Anies Baswedan juga mengingatkan, bahwa menjaga ekosistem Sungai Ciliwung menjadi tanggung jawab bersama, yaitu pemerintah, masyarakat, dan komunitas-komunitas pecinta alam.

“Kita berkomitmen di Jakarta, karena itu kita ingin berkolaborasi. Kita harap dengan komunitas Ciliwung Condet ini kita harap bisa membangun kembali ekosistem. Bukan dengan memasang semen, beton, batu. Tapi kita membuat ekosistem biologinya tumbuh," ujar Anies Baswedan.

Dengan adanya kerjasama dari berbagai pihak, dirinya berharap agar ekosistem Sungai Ciliwung semakin bersih, sehingga dapat menjadi habitat dari hewan yang hidup di dalam air.

Karena menurutnya, banyaknya hewan air yang hidup di suatu sungai, menandakan bahwa sungai tersebut bersih.

Anies Hadiri Hari Ciliwung Condet, Bertepatan 7 Tahun Penemuan Bulus Raksasa

Antisipasi Banjir, Dinas SDA Kebut Pengerukan Sungai Ciliwung

Sungai Ciliwung Dekat Stasiun Karet Nampak Berbusa

"Program yang kita dorong untuk kita tumbuhkan. Di Jakarta ingin menjadikan sungai ekosistem yang natural bagi makhluk yang seharusnya ada di sungai," ujar Anies Baswedan.

Dalam kunjungannya ke Taman Komunitas Ciliwung Condet, Anies Baswedan juga berkesempatan untuk menanam pohon salak di dekat Sungai Ciliwung.

Usai menanam pohon salak, Anies Baswedan berkeliling melihat puluhan anak berlatih pencak silat dan meninjau Sungai Ciliwung bersama Wali Kota Jakarta Timur M. Anwar dan Koordinator Komunitas Ciliwung Condet Abdul Kodir.

Penulis: Nawir Arsyad Akbar
Editor: Erik Sinaga
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved