Bioskop XXI di Taman Ismail Marzuki Sebagai Tindak Lanjut Revitalisasi

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta Asiantoro mengatakan, bioskop XXI di Taman Ismail Marzuki akan ditiadakan

Bioskop XXI di Taman Ismail Marzuki Sebagai Tindak Lanjut Revitalisasi
Dokumen Taman Ismail Marzuki Jakarta
Plaza Ismail Marzuki di Taman Ismail Marzuki, Jakarta.(Dokumen Taman Ismail Marzuki Jakarta) 

TRIBUNJAKARTA.COM- Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berencana merevitalisasi kawasan Taman Ismail Marzuki ( TIM), Jakarta Pusat, mulai 2019.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta Asiantoro mengatakan, bioskop XXI di kawasan tersebut akan ditiadakan.

"Memang dulu kan tidak ada bioskop juga, jadi kan ingin dikembalikan fungsinyalah, tetap berjalan untuk kesenian," ujar Asiantoro di kawasan TIM, Jalan Cikini Raya, Jakarta Pusat, Sabtu (10/11/2018) malam.

Asiantoro menyampaikan, lahan yang semula digunakan untuk bioskop itu akan dialihkan untuk gedung panjang. Gedung itu akan menjadi pusat aktivitas seni dan budaya.

"Itu nanti (jadi pusat dokumentasi sastra) HB Jassin, ada tempat studio-studio untuk latihan, di bawahnya ada basement," kata dia.

Asiantoro mengaku belum mengetahui perjanjian sewa-menyewa gedung di TIM itu dengan pengelola bioskop XXI. Dia akan mempelajari dokumen itu terlebih dahulu.

Namun, Asiantoro menyebut "hilangnya" bioskop XXI di kawasan TIM seharusnya tidak menjadi masalah.

"Kan dia (pengelola bioskop XXI) sebagai penyewa, itu (TIM) kan punya kita, kenapa jadi masalah, enggak ada masalah kan," ucap Asiantoro.

Revitalisasi TIM rencananya akan dikerjakan oleh BUMD DKI Jakarta, PT Jakarta Propertindo. Revitalisasi membutuhkan waktu dua tahun dengan anggaran sekitar Rp 1,8 triliun.

Habiskan Dana Rp 1 Triliun, Revitalisasi Taman Ismail Marzuki Dimulai Tahun 2019

Ingin Punya Pusat Kesenian Berkelas Internasional, Anies Berencara Revitalisasi Taman Ismail Marzuki

PT Jakarta Propertindo mengajukan penyertaan modal daerah (PMD) dalam anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) DKI Jakarta.

Pada 2019, PMD yang diajukan sekitar Rp 500 miliar. Sementara sisanya, Rp 1,3 triliun, akan diajukan dalam APBD 2020. (Nursita Sari)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Bioskop XXI Taman Ismail Marzuki Akan Ditiadakan

Editor: Erik Sinaga
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved