Car Free Day di Kota Tua Ajang Pemkot Jakbar Promosikan Produk UKM dan Jalankan Program Germas

Sekretaris Kota Jakarta Barat, Eldi Andi mengatakan, adanya stan-stan dari UKM tersebut memang sengaja diikutsertakan dalam kegiatan HBKB.

Car Free Day di Kota Tua Ajang Pemkot Jakbar Promosikan Produk UKM dan Jalankan Program Germas
TRIBUNJAKARTA.COM/NOVIAN ARDIANSYAH
Pelaksanaan Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau car free day (CFD) di kawasan wisata Kali Besar, Kota Tua, Tamansari, Jakarta Barat, Minggu (11/11/2018). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Novian Ardiansyah

TRIBUNJAKARTA.COM, TAMANSARI - Pemerintah Kota Jakarta Barat menggelar pelaksanaan Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau car free day (CFD) di kawasan wisata Kali Besar, Kota Tua, Tamansari, Jakarta Barat.

Sejumlah jalan pun ditutup terkait pelaksanaan HBKB tersebut, seperti Jalan Kali Besar Barat, Jalan Kali Besar Timur, Jalan Kopi, dan Jalan Intan.

Sejumlah warga pun turut meramaikan jalannya HBKB tersebut yang dipusatkan di kawasan wisata Kali Besar.

Pantauan TribunJakarta.com, di area itu terdapat panggung hiburan dan beberapa stan dari Sudin Kesehatan serta stan-stan makanan dan produk kreatif hasil dari usaha kecil menengah (UKM).

Sekretaris Kota Jakarta Barat, Eldi Andi mengatakan, adanya stan-stan dari UKM tersebut memang sengaja diikutsertakan dalam kegiatan HBKB.

Pasalnya, kata Eldi, Pemkot Jakarta Barat ingin pelaksanaan HBKB bisa sekaligus menjadi ajang promosi produk UKM.

"Jadi kita disamping pengunggulan udara kita juga manfaatkan ini untuk memasarkan hasil produk dari UKM. Ini tim PKK nih dari kecamatan," kata Eldi di Kali Besar, Tamansari, Jakarta Barat, Minggu (11/11/2018).

Selain untuk mempromosikan produk UKM, lanjut Eldi, kegiatan HBKB ini juga memfasilitasi tes kesehatan bagi masyarakat yang ikut hadir.

"Kita juga ada partisipasi dari PMI untuk pemeriksaan golongan darah, kemudian sekarang ada enam puskesmas kecamatan untuk hadir di sini memeriksa warga atau aparat, terkait kesehatan seperti gula darah, kolesterol, asam urat, termasuk juga tensinya. Termasuk juga lingkar perut sampai berat badan, saya sudah ukur itu," tutur Eldi.

Eldi menambahkan, adanya pemeriksaan kesehatan itu juga berkaitan dengan program pemerintah yaitu Germas (gerakan masyarakat hidup sehat).

"Karena kita sesuai dengan program pemerintah, Germas gerakan masyarakat hidup sehat. Nah di antaranya adalah memeriksa kesehatan. Dan sekaligus memasarkan ke masyarakat dan kemudian juga ini merupakan daerah kawasan destinasi wisata DKI khususnya Jakarta Barat, jadi perlu kita sosialisasi," ujarnya.

Eldi mengatakan, kegiatan HBKB di kawasan wisata Kali Besar ini sendiri ke depannya akan dilaksanakan setiap satu bulan sekali.

"Pelaksanaan HBKB sebulan sekali dan ini berlanjut tahun ini. Kalau tahun yang akan datang kita akan evaluasi kemungkinan ada tempat lain yang bisa dijadikan tempat HBKB, yang bisa menampung aspirasi masyarakat, interaksi masyarakat, seperti itu," kata Eldi.

Penulis: Novian Ardiansyah
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved