Tak Sekadar Dilestarikan, Anies Baswedan Minta Budaya Dikembangkan

Hal itu disampaikan Anies Baswedan saat menghadiri Festival Pesantian dan Geguntangan 2018 di Pura Candra Prabha Jelambar, Jakarta Barat.

Tak Sekadar Dilestarikan, Anies Baswedan Minta Budaya Dikembangkan
TribunJakarta/Novian Ardiansyah
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat menghadiri Festival Pesantian dan Geguntangan 2018 di Pura Candra Prabha Jelambar, Jakarta Barat, Minggu (11/11/2018) 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Novian Ardiansyah

TRIBUNJAKARTA.COM, GROGOL PETAMBURAN - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menginginkan jika budaya yang ada di Jakarta tidak hanya sekadar dilestarikan semata.

Ia juga berkeinginan agar budaya yang ada itu dapat dikembangkan. Hal itu disampaikan Anies Baswedan saat menghadiri Festival Pesantian dan Geguntangan 2018 di Pura Candra Prabha Jelambar, Jakarta Barat.

"Tadi saya sampaikan, melestarikan itu baik, mengembangkan itu lebih baik. Kalau melestarikan nanti hanya akan jadi museum saja. Hanya melestarikan kebudayaan itu adalah sesuatu yang dinamis," ujar Anies Baswedan di Pura Candra Prabha Jelambar, Jakarta Barat, Minggu (11/11/2018).

Anies Baswedan mengatakan, kebudayaan yang ada sekarang merupakan hasil dari terobosan orang-orang terdahulu.

"Kebudayaan itu kebiasaan, yang hari ini disebut kebudayaan dan kebiasaan. Dulunya adalah terobosan, terobosan yang kemudian diterima, diakui, dipraktikkan bertahun-tahun lalu dia menjadi kebiasaan dan kebudayaan," tutur Anies.

Untuk itu, Anies Baswedan juga berharap kaum muda pada zaman sekarang dapat memberikan terobosan layaknya para orang tua terdahulu.

Habiskan Dana Rp 1 Triliun, Revitalisasi Taman Ismail Marzuki Dimulai Tahun 2019

Lawan Manchester City, Manchester United Disebut Tak Akan Lagi Pakai Strategi Parkir Bus

Ojek Online Perempuan Asal Gunung Sahari Pernah Berkelahi dengan Sopir Bajaj hingga Kaca Helm Pecah

"Jangan sampai kita hanya memfasilitasi terobosan orang tua-orang tua kita dulu. Tapi generasi sekarang tidak membuat terobosan. Jadi tasi saya berharap kegiatan ini, Pesantian dan Geguntangan dapat diselenggarakan tahunan," kata Anies Baswedan.

"Tiap tahun harus ada terobosan, tiap tahun ada pembaharuan. Supaya bukan hanya dilestarikan tapi dikembangkan. Normanya, nilainya tidak di ubah, tetapi ekspresinya bisa diubah," kata bekas rektor Universitas Paramadina itu.

Penulis: Novian Ardiansyah
Editor: Erik Sinaga
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved