Gubernur Anies Ingin Bangun Saringan Besar di Sungai, Halangi Sampah Masuk ke Pintu Air Manggarai

Anies menilai, dengan banyaknya sampah yang menumpuk di Pintu Air Manggarai, bisa berpengaruh terhadap kerusakan lingkungan di wilayah DKI.

Gubernur Anies Ingin Bangun Saringan Besar di Sungai, Halangi Sampah Masuk ke Pintu Air Manggarai
TribunJakarta.com/Leo Permana
Suasana Pintu Air Manggarai, Senin (12/11/2018) pukul 08.35 WIB. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Pebby Adhe Liana

TRIBUNJAKARTA.COM, GAMBIR - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berencana akan membangun saringan besar di 13 sungai yang mengalir di wilayah DKI Jakarta di tahun 2019 mendatang.

Saringan tersebut, dipasang untuk mencegah sampah-sampah yang berasal dari daerah penyangga di sekitar DKI Jakarta agar tak masuk ke dalam kota.

"Aliran ini, kita menerima banyak sekali limpahan-limpahan sisa. Jadi saya kemarin sudah siapkan, tahun depan kita akan bangun saringan-saringan besar semacam bendungan untuk menyaring sampah agar tidak masuk ke dalam kota. Sehingga bisa dibersihkan sebelum sampai ke (pintu air) Manggarai," kata Anies di Polda Metro Jaya, Jumat (16/11/2018).

Anies menilai, dengan banyaknya sampah yang menumpuk di Pintu Air Manggarai, bisa berpengaruh terhadap kerusakan lingkungan di wilayah DKI.

Apalagi, tak hanya sampah-sampah kecil saja yang terdapat di sungai tersebut. Beberapa diantaranya pun justru sampah yang berbobot besar.

Kepada wartawan, Anies mengaku sempat menjumpai adanya kasur yang sengaja dibuang warga ke sungai.

Nasib Becak di Ibu Kota, Punya Pangkalan Resmi Hingga Munculnya Beol Cepirit

Kontraknya Habis Desember 2018, Mario Gomez Ungkap Satu Syarat yang Membuatnya Bertahan di Persib

Entah darimana asalnya, Anies menyayangkan perilaku tersebut.

"Contoh kasus, kemarin begitu. Hujan barang-barang besar yang sulit dibuang, dilemparnya ke sungai karena repot. Kemarin saya menemukan langsung kasur, besar sekali. Itu repot buangnya cari tempat sampah, susah pas hujan. Kasurnya dilempar ke sungai. Nah polusi itu bukan hanya bau, tapi juga polusi yang sifatnya cair," kata Anies.

Penulis: Pebby Ade Liana
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved