Rossi Siap Balapan Basah

Valentino Rossi bersiap mengarungi duel dengan rekan satu tim di Yamaha, Maverick Vinales dalam balapan seri akhir musim 2018 di Valencia, Minggu (18/

Rossi Siap Balapan Basah
Pebalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi melakukan ritualnya sebelum menjalani balapan seri ketiga MotoGP Americas di Circuit of the Americas, Amerika Serikat, Minggu (22/4/2018). (DOK. YAMAHA MOTOGP) 

TRIBUNJAKARTA.COMValentino Rossi bersiap mengarungi duel dengan rekan satu tim di Yamaha, Maverick Vinales dalam balapan seri akhir musim 2018 di Valencia, Minggu (18/11/2018). Rossi dan Vinales hanya berjarak dua poin di klasemen sementara. Rossi di peringkat ketiga, sedang Vinales di peringkat keempat. Peringkat dua sudah pasti dipegang pebalap Ducati, Adrea Dovizioso, sedang juara MotoGP musim ini sudah jauh-jauh hari dipastikan dipegang pebalap Repsol Honda, Marc Marquez.

Namun, kiprah Rossi dalam dua latihan bebas di Sirkuit Ricardo Tomo masih belum terlalu meyakinkan. Di latihan bebas pertama, ia tergelincir ke posisi 12.  Sesi pertama  yang berlangsung Jumat (16/11/2018) sore, sempat tertunda selama lebih dari 20 menit karena lintasan yang basah akibat diguyur hujan. Saat itu, Marquez tengah memimpin sesi ini dengan catatan 1 menit 50,029 detik. Setelah restart, Marquez mampu menjaga catatan waktunya meski sempat diancam rekan setimnya Dani Pedrosa.

Pada akhirnya Marquez mampu tampil sebagai yang tercepat dengan catatan waktu 1 menit 39,767 detik atau unggul 0,106 detik dari pebalap Pramac Racing Jack Miller di posisi kedua. Pramac tampil prima di sesi pertama ini dengan menempatkan Danilo Petrucci di posisi ketiga dengan raihan waktu 1 menit 39,907 detik

Latihan bebas kedua juga berlangsung dalam lintasan basah. Alhasil, seperti halnya sesi pertama, sesi kedua ini pun sempat tertunda sekitar lebih dari 15 menit. Bahkan trek yang licin membuat Johann Zarco harus out di pertengahan sesi karena terpeleset.

Setelah dimulai kembali, persaingan sengit terjadi di antara Marc Marquez, Danilo Petrucci, dan Rossi. Marquez yang cukup lama memimpin sesi kedua ini akhir mampu disalip Petrucci di menit-menit akhir. Petrucci mencatatkan waktu 1 menit 41,318 detik, unggul 0,407 detik dari Marquez di posisi kedua. Di posisi ketiga ada Rossi dengan 1 menit 42,081 detik.

The Doctor pun memperkirakan balapan hari ini bakal berlangsung dalam lintasan basah. Di latihan bebas kemarin, hujan memang sempat mengguyur hingga lintasan menjadi basah. "Balapan seperti bakal berlangsung dalam hujan, seperti hari ini. Kami harus siap basah-basahan. Kita akan mengupas lagi kesiapan sampai hal yang kecil, dan detail, dan terutama melakukan pemilihan ban yang tepat," ujar Rossi di Crash.

valeyellow46
Valencia circuit,Spain Saturday,official practice
Penulis: Dodi Esvandi
Editor: Dodi Esvandi
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved