Dishub Bekasi Usulkan Agar Transjakarta Layani Rute Cikarang

Rencana layanan TransJakarta hingga rute Cikarang sudah sudah diusulkan dan sedang dalam pembahasan

Dishub Bekasi Usulkan Agar Transjakarta Layani Rute Cikarang
TribunJakarta/Yusuf Bachtiar
Bus TransJakarta di Koridor Bekasi Kota 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Yusuf Bachtiar

TRIBUNJAKARTA.COM, CIKARANG UTARA - Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bekasi Yana Suyatna mengatakan, rencana layanan Trans Jakarta hingga rute Cikarang sudah sudah diusulkan dan sedang dalam pembahasan.

"Ya sudah kita usulkan ke pihak TransJakarta, saat ini masih dalam pembahasan juga di kami Dinas, BPTJ (Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek) dan BKSP (Badan Kerja Sama Pembangunan) Jabodetabek," kata Yana, Kamis (22/11/2018).

Yana menambahkan, upaya penyediaan rute TransJakarta hingga Cikarang disebabkan adanya potensi minat penumpang yang cukup banyak. Sejauh ini terdapat bus antarkota yang sudah beroperasi, namun dengan kehadiran TransJakarta akan lebih memudahkan karena terintegrasi dengan rute TransJakarta lainnya di Jakarta.

"Mudah-mudahan secepatnya karena ini juga bergantung pada anggaran seperti kesediaan aramada itu sendiri, lalu supirnya, kemudian kalau kajian peminat banyak, potensi ya karena banyak warga yang aktivitas ke Jakarta," ungkap Yana.

TransJakarta rute Cikarang kata Yana, akan memakai akses tol terdekat. Pool bus Trans Jakarta akan dipusatkan di Cikarang Utara.

Pemprov DKI Bakal Ubah Desain Hatle Transjakarta Agar Terkoneksi ke Stasiun MRT Jakarta

Sempat Diprotes Warga, Pembangunan Halte Transjakarta di Sekitar JPM Tanah Abang Kembali Dilanjutkan

"Kita inginnya ada pick and ride-nya itu di Cikarang Utara, nanti juga kita akan ada angkutan yang menghubungkan antarkawasan dan Cikarang Utara sebagai pusatnya," jelas dia.

Dia menilai, mobilisasi warga Kabupaten Bekasi khususnya di Cikarang yang menuju Jakarta cukup banyak. Dengan adanya rute TransJakarta di Cikarang diharapkan masyarakat bisa menggunakan moda transportasi umum agar mengurangi beban kemacetan khususnya di Tol Jakarta Cikampek arah Jakarta.

"Tentu ini bagian dari upaya kita menyediakan moda transportasi publik, karena kita tahu jalan raya terutama tol Japek volume kendaraan terus meningkat dan menimbulkan kemacetan," jelas dia.

Penulis: Yusuf Bachtiar
Editor: Erik Sinaga
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved