Jangan Salah Pilih Tepung Terigu Dalam Membuat Kue, Ini Alasannya

Tepung merupakan bahan dasar membuat kue, pilihannya beragam tapi kita harus memperhatikan sesuai kebutuhan.

Jangan Salah Pilih Tepung Terigu Dalam Membuat Kue, Ini Alasannya
TribunJaka
Chef Livianca bersama Sales and Marketing Director PT Bungasari Flour Mills, Budianto Wijaya di booth PT Bungasari Flour Mills dalam pameran SIAL InterFood 2018, di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Jumat (23/11/2018). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Anisa Kurniasih

TRIBUNJAKARTA.COM, KEMAYORAN - Tepung merupakan bahan dasar membuat kue, pilihannya beragam tapi kita harus memperhatikan sesuai kebutuhan.

Agar hasil kue bisa seperti yang diharapkan, ada beberapa tips harus diperhatikan memilih tepung yang pas.

Hal itu dijelaskan Chef Livianca Vanaessa yang memandu demo masak di booth Bungasari dalam rangkaian acara SIAL InterFood di JIEXPO Kemayoran, 21- 24 November 2018.

Menurut dia, tepung terigu ada tiga jenis, yaitu tepung terigu protein rendah, sedang, dan tinggi. Ketiganya dibedakan berdasar kadar kandungan proteinnya.

"Kalau salah menggunakan atau pilih tepungnya, maka kue yang dihasilkan bisa gagal dan tidak sesuai yang diharapkan, baik dari tekstur atau bentuknya," ujar Chef Livianca, Jumat (23/11/2018).

Livianca mengatakan, menentukan jenis kue yang akan dibuat juga menjadi poin yang sangat penting karena berhubungan dengan tepung yang akan digunakan.

Contohnya untuk jenis kue kering atau biskuit, tepung terigu yang paling cocok digunakan yang berprotein rendah.

"Jika jenis kue tersebut menggunakannya tepung protein tinggi hasilnya malah akan membuat adonan menjadi keras," tambah Livianca.

Sedangkan tepung terigu dengan protein sedang biasanya disebut dengan tepung serba guna di mana jenis tepung terigu ini cocok untuk membuat berbagai jenis makanan seperti pisang goreng dan martabak.

Sedangkan tepung terigu protein tinggi, sangat cocok untuk membuat roti dan mie.

"Kalau bikin roti menggunakan selain jenis tepung ini akan membuat roti tidak mengembang saat proses fermentasi," kata dia.

Sales and Marketing Director PT Bungasari Flour Mills, Budianto Wijaya juga mengatakan jika bingung menggunakan tepung terigu, disarankan membuat tepung terigu protein sedang atau serbaguna.

Namun, apabila ingin hasil kue yang maksimal tentunya harus menggunakan tepung terigu protein yang sesuai dengan kue yang diinginkan.

"Untuk memenuhi kebutuhan konsumen, kami dari Bungasari tentunya menghadirkan berbagai jenis tepung terigu yang berkualitas dimana dalam kesempatan ini, kami menghadirkan banyak chef lintas generasi untuk mengolah tepung terigu menjadi berbagai makanan lezat dalam pameran ini sebagai referensi memasak bagi pengunjung yang datang," ujar Budianto Wijaya.

Penulis: Anisa Kurniasih
Editor: Y Gustaman
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved