5 Hal yang Perlu Diperhatikan saat Menyeduh Teh untuk Hasilkan Rasa Berkualitas

untuk hasil seduhan teh yang optimal, teh harus diseduh dengan waktu seduh yang tepat tidak terlalu panas yang berlebihan dan juga tidak terlalu dingi

5 Hal yang Perlu Diperhatikan saat Menyeduh Teh untuk Hasilkan Rasa Berkualitas
TribunJakarta.com/Anisa Kurniasih
Kompetisi menyeduh teh yang hadir pertama kali di Indonesia, Tea Mixologist dalam rangkaian acara Kompetisi di SIAL Interfood, Jakarta International Expo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Sabtu, (24/11/2018) 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Anisa Kurniasih

TRIBUNJAKARTA.COM, KEMAYORAN - Tak hanya kopi, teh juga menjadi minuman yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat karena selain nikmat juga punya beragam manfaat.

Bisa disajikan dalam keadaan dingin maupun panas, masing-masing jenis teh memiliki cita rasa yang berbeda pada tiap seduhan.

Namun, kebanyakan orang berfikir bahwa untuk menikmati teh yang enak harus ke sebuah kedai atau kafe.

Padahal teh bisa diseduh dengan rasa yang nikmat oleh siapapun asal tahu cara penyajiannya.

Ratna Somantri selaku Humas dan Promosi dari Association of Indonesia Specialty Tea (AISTea) sekaligus pakar teh mengatakan bahwa ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk bisa menikmati teh hasil seduhan sendiri.

"Menambahkan teh ke dalam minuman bisa menambah nilai dari minuman tersebut karena teh dianggap sebagai minuman yang punya banyak manfaat untuk kesehatan, banyak ragam dan juga cerita menarik yang bisa diangkat," ujar Ratna di JIEXPO Kemayoran, Sabtu (24/11/2018).

Menurutnya, untuk menyajikan teh dengan baik perlu diperhatikan lima hal penting berikut, diantaranya kualitas teh itu sendiri dan juga cara penyimpanannya yang tepat agar kualitasnya tetap terjaga.

Yang kedua ialah kualitas air dan suhunya. Tiap jenis teh memerlukan suhu air yang berbeda dalam penyeduhannya.

Lalu selanjutnya adalah waktu penyeduhan, untuk hasil seduhan teh yang optimal, teh harus diseduh dengan waktu seduh yang tepat tidak terlalu panas yang berlebihan dan juga tidak terlalu dingin.

Keempat adalah perbandingan rasio teh dan airnya. Terlalu banyak teh juga rupanya akan membuat hasil seduhannya terlalu pekat, namun jika terlalu sedikit tehnya akan membuat tehnya encer.

Terakhir adalah peralatan teh yang khusus namun jika tidak ada, cukup memasukkan jumlah daun teh yang diinginkan langsung ke cangkir, lalu pastikan sebagian besar daunnya tenggelam ke dasar cangkir dan akan tertinggal dengan ampas minumannya.

Pilihan lain, Anda bisa menggunakan teko dengan saringan built-in.

Sebagai alternatif, pilihan terakhir adalah membeli bola teh atau infuser, atau menggunakan saringan kecil yang ditahan di atas cangkir untuk menangkap daun saat teh dituang.

Penulis: Anisa Kurniasih
Editor: Muhammad Zulfikar
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved