Teknologi di Bandara Soekarno-Hatta Ini Bakal Diadopsi Pengelola Bandara Changi Singapura

Teknologi itu membuat tim pengembang Bandara Changi Singapore datang ke Bandara Soekarno-Hatta untuk mengadopsi teknologi tersebut.

Teknologi di Bandara Soekarno-Hatta Ini Bakal Diadopsi Pengelola Bandara Changi Singapura
TRIBUNJAKARTA.COM/EGA ALFREDA
Tim pengembangan Bandara Changi Singapura saat mengadakan survei dan kunjungan ke Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Jumat (30/11/2018). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Ega Alfreda

TRIBUNJAKARTA.COM, TANGERANG - Tim Pengembangan Bandara Changi Singapura melakukan kunjungan ke Bandara Soekarno-Hatta untuk melakukan pemantauan terhadap Ground Support Services (GSS) di Terminal 3.

Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta yang dapat menampung hingga 25 juta penumpang per tahun ini memiliki sistem yang berbeda dalam penanganan di sisi udara yakni, Ground Support Services (GSS).

Teknologi itu membuat tim pengembang Bandara Changi Singapore datang ke Bandara Soekarno-Hatta untuk mengadopsi teknologi tersebut.

Rencananya teknologi GSS akan diaplikasikan ke Terminal 5 Bandara Changi Singapura yang sedang dalam proses pembangunan.

Dari data yang dihimpun, sistem GSS tersebut diantaranya, Ground Power Unit 400HZ (GPU), Pre-Conditioned Air (PCA) dan Blue Water, potable and sewage.

Senior Manager Of Airside Operation and Aircraft Rercue and Fire Fight, Indra Gunawan mengatakan, sistem GSS tersebut terhitung lebih efisien dengan Ground Support Equipment (GSE).

Sebab GSE masih digunakan secara bergerak atau menggunakan kendaraan khusus untuk menggapai pesawat terbang.

"Kalau bandara pada umumnya masih menggunakan mobile, jadi ada ground Support equipment yang sistemnya berjala. Kalau di Terminal 3 ini sudah langsung dibangun di dalam tanah," ujar Indra di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Jumat (30/11/2018).

Indra meneruskan, saat Pesawat membutuhkan pasokan daya listrik dari GPU maka langsung dapat dihubungkan melalui kabel yang sudah tertanam di bawah parking stand.

Dituding Cari Sensasi Karena Perseteruannya dengan Dewi Perssik Kian Panas, Meldi: Saya Tak Peduli

Motivasi Tinggi Bek Persib Taklukan Persela, Mario Gomez Minta Pemain Fokus: Bila Perlu 100 Menit!

Halaman
12
Penulis: Ega Alfreda
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved