Video Bandara Changi Singapura Akan Adopsi Teknologi Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta

Tim pengembangan Bandara Changi Singapura mengadakan survei dan kunjungan ke Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Ega Alfreda

TRIBUNJAKARTA.COM, TANGERANG - Tim pengembangan Bandara Changi Singapura mengadakan survei dan kunjungan ke Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta.

Dalam kunjungan tersebut, mereka dan ingin mengaplikasikan sejumlah fasilitas di apron dan parking stand yang dimiliki Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta.

Di antaranya adalah sistem Ground Support Services (GSS) yang telah diterapkan di airside (sisi udara) Terminal 3, Ground Power Unit (GPU), Pre Conditioning Air (PCA) dan Blue Water Portable and Sewage

Senior Manager Of Airside Operation and Aircraft Rercue & Fire Fight, Indra Gunawan mengatakan, GSS yang sudah diterapkan di Terminal 3 tersebut rencananya akan diterapkan di Terminal 5 Bandara Changi Singapura. 

"Mereka dari Changi Development atau tim pengembangan untuk Terminal 5 Bandara Changi. Jadi kunjungan mereka itu dalam rangka ingin mengadopsi system GSS yang sudah ada di Terminal 3," ujar Indra di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Jumat (30/11/2018). 

Ia melanjutkan, dari seluruh bandar udara di Asia Tenggara baru di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta yang telah menerapkan system GSS.

Hal tersebut yang membuat bandar udara tersibuk di Asia Tenggara Bandara Changi tertarik menengok fasilitas tersebut.

"Di Asia Tenggara, baru Cengkareng yang menerapkan. Sehingga mereka datang. Dari system GSS itu kita ada tiga bagian yang terdiri dari GPU, PCA dan satu paket seperti portable water, blue water dan seawage," jelas Indra.

Teknologi di Bandara Soekarno-Hatta Ini Bakal Diadopsi Pengelola Bandara Changi Singapura

Bandara Changi Singapura Akan Adopsi Teknologi Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta

System GSS ini memiliki keunggulan tersendiri yakni, dapat mengurangi pergerakan kendaraan di sekitar tempat pesawat parkir ketika melakukan bongkat muat.

"Kalau bandara pada umumnya masih menggunakan mobile, jadi ada ground Support equipment yang sistemnya berjalan atau mobile. Kalau kita di Terminal 3 ini sudah langsung dibangun di dalam tanah," beber Indra.

Selain mengurangi pergerakan kendaraan, system GSS tersebut juga dapat meningkatkan efisiensi dan keamanan operasi pada sisi udara Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta.

"Rencananya mereka akan membangun terminal 5 dan mungkin akan mengadopsi system seperti ini nantinya" tutur Indra. 

Penulis: Ega Alfreda
Editor: Erik Sinaga
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved