Hari Kedua Ganjil Genap di GT Tambun, Jumlah Kendaraan yang Melanggar Menurun

Hendra Damanik mengatakan, melalui hasil evaluasi yang dilakukan pihaknya, jumlah kendaraan yang diputar balik hari ini berjumlah 46 kendaraan.

Hari Kedua Ganjil Genap di GT Tambun, Jumlah Kendaraan yang Melanggar Menurun
KOMPAS.com/DEAN PAHREVI
Sistem ganjil-genap mulai Senin (3/12/2018) ini diterapkan di Gerbang Tol Tambun, Kabupaten Bekasi. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Yusuf Bachtiar

TRIBUNJAKARTA.COM, TAMBUN SELATAN - Hari kedua uji coba penerapan ganjil genap di Gerbang Tol Tambun Kabupaten Bekasi, jumlah kendaraan yang diputar balik menurun dibanding pertama.

Humas Jasa Marga cabang Tol Jakarta Cikampek, Hendra Damanik mengatakan, melalui hasil evaluasi yang dilakukan pihaknya, jumlah kendaraan yang diputar balik hari ini berjumlah 46 kendaraan.

"Menurun dibanding hari pertama sebanyak 59 kendaraan," kata Hendra saat dikonfimasi, Selasa, (4/11/2018).

Penurunan menurut dia diperkirakan lantaran pihaknya, selama dua pekan sebelum pelaksanaan uji coba melakukan sosialisasi secara masiv menggunakan spanduk, sosial media, dan Variable Massage Sign (VMS).

"Kemungkinan pengendara juga sudah mengetahui bahwa sejak kemarin pemberlakuan ganjil genap sudah berjalan," ucapnya.

Hendra menjelaskan, uji coba kebijakan ganjil genap akan diterapkan selama dua pekan. Petugas dari Jasa Marga, Dishub Bekasi, Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) serta Kepolisian akan berjaga dari pukul 06.00 - 09.00 WIB selama penerapan ganjil genap.

"Selama uji coba terus kita kawal, diharapkan juga pengguna kendaraan bisa beralih menggunakan transportasi umum yang sudah disediakan," jelas dia.

Untuk menunjang efektivitas kebijakan ganjil genap, BPTJ juga sudah menyiapkan angkutan umum bus premium, sebagai transportasi pilihan bagi masyarakat yang ingin menuju ke arah Jakarta.

Pemkot Bekasi Bakal Buka Kesempatan Rekrutmen Tenaga Kerja untuk Disabilitas

Khusus untuk bus keberangkatan dari Grand Wisata mulai pukul 05.20-15.00 WIB dengan tujuan Blok M, BSD Tangerang, Kelapa Gading, Mangga Dua, Tanah Abang, Kuningan, Manggarai, Pondok Indah, Harmoni dan Paragon.

Adapun diberlakukannya kebijakan ganjil genap di GT Tambun sudah tertera di dalam Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 18 tahun 2018. Dimana, dalam aturan tersebut terdapat lima GT yang rencananya akan diberlakukan kebijakan serupa. Yakni, GT Pondok Gede Barat, Pondok Gede Timur, Bekasi Timur, Bekasi Barat dan Tambun.

Selain ganjil genap, paket kebijakan lain yang sejalan untuk mengurai kepadatan kendaraan di Jalan Tol Jakarta Cikampek yakni pembatasan jam operasional angkutan barang golongan III, IV dan V arah Jakarta dan Cikampek serta pemberlakuan lajur khusus angkutan bus di tol yang berlaku setiap Senin hingga Jum’at pukul 06.00–09.00 WIB, kecuali hari libur nasional.

Penulis: Yusuf Bachtiar
Editor: Muhammad Zulfikar
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved