Hasil Rapat PDMP bersama OPD, Tarif Trans Patriot Rp 3.500

Dari hasil rapat tersebut, telah dirumuskan besaran tarif Trans Patriot sebesar Rp 3.500 untuk umum dan Rp 2000 untuk palajar

Hasil Rapat PDMP bersama OPD, Tarif Trans Patriot Rp 3.500
TribunJakarta.com/Yusuf Bachtiar
Bus Trans Patriot saat uji coba operasional hari pertama, Senin (26/11/2018). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Yusuf Bachtiar

TRIBUNJAKARTA.COM, BEKASI SELATAN - Perusahaan Daerah Mitra Patriot (PDMP) selaku pengelola Trans Patriot telah melakukan rapat gabungan bersama Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk menetapkan besaran tarif moda transportasi milik Pemerintah Kota Bekasi tersebut.

Humas PDMP Iqbal Daut mengatakan, rapat dilakukan bersama Dinas Perhubungan (Dishub), Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Bekasi, Bagian Hukum Pemkot Bekasi, Konsultan Transportasi, di Kantor Pemkot Bekasi, Jalan Jenderal Ahmad Yani, Bekasi Selatan, Senin, (3/12/2018) kemarin.

Dari hasil rapat tersebut, telah dirumuskan besaran tarif Trans Patriot sebesar Rp 3.500 untuk umum dan Rp 2000 untuk palajar. Namun hasil rapat tersebut kata Iqbal belum keputusan final sampai ditetapkan Wali Kota Bekasi.

"Rapat ada hasil sifatnya hanya mengusulkan dan merumuskan, baru usulan yah, sore ini ada rapat tapi itu internal Pemkot, PDMP tidak ikut," kata Iqbal, saat di konfimasi, Selasa, (4/12/2018).

Iqbal menjelaskan, ketetapan tarif masih bergantung keputusan Wali Kota. Ketika Wali Kota setuju dengan usulan tarif Rp 3.500 untuk umum dan Rp 2000 untuk pelajar, PDMP akan segera berlakukan tarif tersebut.

"Ya bisa saja ditetapkan setelah Dishub dan BPKAD, lalu Bagian Hukum Pemkot Bekasi sudah mengusulkan kepada Wali Kota, dan Wali Kota sudah bisa menetapkan sore ini, Ya besok sudah bisa dilakukan pemberlakuan tarif," jelas dia.

Sejauh ini, pihaknya masih berlakukan tarif gratis untuk penumpang Trans Patriot. "Sejuah ini belum ada tanda-tanda (kapan tarif diberlakukan) karena itu kewenangan Pemkot Bekasi ya, Karena yang menetapkan kan Wali Kota," jelas dia.

Trans Patriot beroperasi dengan melayani trayek Terminal Bekasi tujuan Harapan Indah dan Harapan Indah tujuan Terminal Bekasi.

Peraturan Baru: Sopir Taksi Online Harus Rapi, Pakai Kemeja dan Celana Panjang

Ada Pengerjaan Konstruksi, Jalan Otista III Ditutup Hingga 2 Februari 2019

Terdapat dua rute dengan 32 halte atau titik pemberhentian yang dilintasi. Rute pertama Terminal Bekasi tujuan Harapan berjarak 14,7 km, sedangkan Harapan Indah menuju Terminal Bekasi berjarak 9,6 km.

Selama satu pekan lebih sejak hari pertama uji coba operasional Senin (26/12), PDMP menggratiskan tiket Trans Patriot. Penertapan tarif terbilang molor lantaran awalnya, selama satu pekan tarif sengaja di gratiskan hingga tarif di tetapkan.

Menurut Iqbal, pemberlakuan tarif terpaksa molor karena harus melalui kajian yang matang. Terlebih, tarif yang ditetapkan bakal menjadi tolak ukur nilai subsidi yang akan diberikan Pemkot Bekasi kepada pengelola.

"Ada tiga aspek yang harus kita pertimbangkan dalam menentukan nilai tarif, aspek yuridis berupa payung hukum Peraturan Wali Kota Nomor 57 Tahun 2018, aspek sosiologis, dan aspek teknis berupa jarak tempuh bus," jelas Iqbal.

Penulis: Yusuf Bachtiar
Editor: Muhammad Zulfikar
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved