Lukisan Potret Pelukis Legendaris Basuki Abdullah Terpajang di Tiang MRT, Ini Alasannya

Sebuah lukisan potret pelukis legendaris Indonesia, Basuki Abdullah, terpajang megah pada pilar MRT di Jalan Fatmawati, Cilandak, Jakarta Selatan.

Lukisan Potret Pelukis Legendaris Basuki Abdullah Terpajang di Tiang MRT, Ini Alasannya
TribunJakarta/Satrio Sarwo Trengginas
Dua lukisan potret Basuki Abdullah yang terpajang di Jalan Raya Rumah Sakit Fatmawati arah Blok M maupun Pondok Labu pada Selasa (4/12/2018). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Satrio Sarwo Trengginas

TRIBUNJAKARTA.COM, CILANDAK - Sebuah lukisan potret pelukis legendaris Indonesia, Basuki Abdullah, terpajang megah pada pilar MRT di Jalan Fatmawati, Cilandak, Jakarta Selatan.

Tampak lukisan potret wajah maestro pelukis Indonesia itu terpajang di dua sisi depan maupun belakang tiang MRT.

Selain terpajang indah, dua lukisan yang masing-masing berukuran 6×3 meter itu bertujuan sebagai pengarah keberadaan Museum Basuki Abdullah di Jalan Keuangan Raya no. 19 Cilandak Barat, Jakarta Selatan.

Hal itu diungkapkan oleh Kepala Museum Basuki Abdullah Maeva Salmah.

"Saya melihat terus terang agar keberadaan museum Basuki Abdullah diketahui oleh masyarakat. Karena dulu papan petunjuk museumnya kecil. Akhirnya, saat bertemu dengan Pak Anies Baswedan saya mencoba usulkan," bebernya kepada TribunJakarta.com, di Museum Basuki Abdullah, pada Selasa (4/12/2018).

Maeva mengusulkan kepada Anies Baswedan mengenai pemasangan lukisan sebagai penunjuk museum.

Cerita Pelukis Basuki Abdullah Sumbangkan Seribu Koleksi Pribadi dan Tiga Ribu Buku

Wawan Teamlo Blak-blakan Tantangan Bikin Film Animasi Tentang Pelukis Basuki Abdullah

"Kemudian secara tertulis melalui Sekretaris Direktur Jenderal Kebudayaan mengajukan surat kepada Pak Gubernur. Setelah surat disposisikan ke pihak MRT untuk ditindaklanjuti seperti apa. Diizinkan. Saya senang sekali ketika diizinkan," paparnya.

Kemudian pengerjaan dilakukan oleh sejumlah seniman.

Dua lukisan potret Basuki Abdullah yang terpajang di Jalan Raya Rumah Sakit Fatmawati arah Blok M maupun Pondok Labu pada Selasa (4/12/2018).
Dua lukisan potret Basuki Abdullah yang terpajang di Jalan Raya Rumah Sakit Fatmawati arah Blok M maupun Pondok Labu pada Selasa (4/12/2018). (TribunJakarta/Satrio Sarwo Trengginas)

"Sekira 8 orang pelukis yang membuat dua lukisan itu. Ditambah hiasan gigi balang juga khas Jakarta. Semoga seorang Basuki Abdullah yang sudah menghibahkan rumahnya, bisa diapresiasi oleh generasi muda," tambahnya.

Penulis: Satrio Sarwo Trengginas
Editor: Erik Sinaga
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved